Artikel Terbaru

RPP PKN Berkarakter SD Kelas 4 5 6

RPP PKN SD Berkarakter - Alhamdulillah saya diberi lagi kesempatan untuk berbagi informasi tentang pendidikan khususnya RPP berkarakter Mata pelajaran PKN SD kelas 4 5 dan kelas 6 tentunya lengkap semester 1 dan 2 setelah saya posting kemarin tentang RPP PAI Berkarakter SD kelas 1 2 3 4 5 dan kelas 6 (Baca disini). web ini memang disediakan untuk membantu para Guru guru yang ada di Indonesia untuk meningkatkan Pendidikan berkarakter, Web To-Sidrap.Com bekerja sama dengan Web RPPKita.COm dimana web ini menyediakan File Lengkap Perangkat pembelajaran Berkarakter Untuk semua Tingkat SMA/MA SMP/MTs dan SD/MI

Dan bagi anda yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut? Namun dalam Web penyedia RPP berkarakter ini buka hanya RPP yang dimiliki tetapi lengkap 1 Perangkat pembelajaran yang meliputi:
  • SK dan KD
  • Pemetaan SK dan KD
  • Silabus Pembelajaran
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  • Program Tahunan (PROTA)
  • Program Semester (PROMES)
  • Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Yang tentunya lengkap semua MAta Pelajaran dan Semester 1 dan 2, untuk informasi selanjutnya silahkan Baca di Sini.

Oke langsung aja berikut contoh RPP PKN Berkarakter SD kelas IV V dan Kelas VI :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah      :   ..................................
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     :   VI (Enam)
Semester               :   I (Satu)
Alokasi Waktu     :  4 x 35  menit (2 pertemuan).

Standar Kompetensi**
1.   Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Kompetensi Dasar
1.2  Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa mampu menceritakan nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila. ( NK. Senang membaca : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.)
§  Siswa mampu menyebutkan isi perumusan Negara RI. ( NK. Demokratis : Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain )
§  Siswa mampu menyebutkan isi Piagam Jakarta.
§  Siswa mampu menyebutkan isi Pancasila dengan baik dan tepat.
§  Siswa mampu memahami nilai tiap butir Pancasila.

v  Karakter siswa yang diharapkan : 
§  Senang membaca,
§  Demokratis,

B.     Materi Ajar
§  Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§  Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§  Perumusan Dasar Negara RI.
§  Panitia Sembilan.
§  Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
§  Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.

C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan kontekstual.
§  Pendekatan Cooperatif Learning.
§  Diskusi kelas.
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua
§  Kegiatan Awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.
F Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang isi dan makna Sumpah Pemuda yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai ”Persiapan Kemerdekaan Indonesia”. Dengan Rasa Senang membaca
F Bertanya jawab tentang gambaran keadaan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Jepang.
F Melanjutkan membaca teks tentang BPUPKI secara bergiliran.
F Bertanya jawab tetang tujuan dibentuknya BPUPKI.
F Melanjutkan membaca teks tentang Perumusan Dasar Negara RI.
F Guru bertanya calon rumusan siapakah yang paling mendekati dengan isi Dasar Negara Pancasila.
F Melanjutkan membaca teks mengenai Panitia Sembilan secara bergiliran.
F Guru menjelaskan hasil kerja Panitia Sembilan.
F Membaca teks mengenai Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
F Dilanjutkan dengan membaca Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan bersama-sama rumusan Pancasila yang disahkan.
F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan nilai yang terkandung pada setiap butir Pancasila. Dengan rasa Demokratis
F Membaca kemudian menjelaskan dengan kata-kata sendiri mengenai makna lambang Garuda Pancasila.
F Menyanyikan lagu Gaaruda Pancasila dengan semangat dan sikap sempurna.
F Untuk pengayaan dan untuk mengukur ketercapaian kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku kerja/buku paket PKn
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.     Sumber/Bahan Belajar
§  Gambar/foto Garuda Pancasila.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
§  Buku referensi lain.
§  Surat Kabar, dst.

F.     Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Senang membaca : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya
§  Demokratis : Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
§  Menceritakan nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila.
§  Menyebutkan isi perumusan Negara RI.
§  Menyebutkan isi Piagam Jakarta.
§  Menyebutkan isi Pancasila dengan baik dan tepat.
§  Memahami nilai tiap butir Pancasila.

§ Tugas individu
§ penilaian lisan, penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).
Menjelaskan mengapa terjadi perubahan dalam rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel PKN.


  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :


Nah itulah contoh RPP PKn SD Berkarakter kelas 4 5 dan kelas 6 semoga bermanfaat. AMin

You Might Like :

0 Response to "RPP PKN Berkarakter SD Kelas 4 5 6"

Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)