Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?
Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Website yang akan membantu para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI
Dalam kesempatan ini hanya Contoh RPP Geografi Berkarakter SMA Kelas X yang kami berikan, bukan karena kami tidak memiliki filenya, tetapi agak ribet ya jika saya lampirkan satu persatu, adapun file perangkat pembelajaran berkarakter yang kami miliki khusus Geografi SMA semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI utk info selanjutnya):
- SK dan KD Geografi SMA Semester 1 dan 2
- Pemetaan SK dan KD Geografi SMA Semester 1 dan 2
- Silabus Pembelajaran Geografi SMA Semester 1 dan 2
- RPP Geografi SMA Semester 1 dan 2
- Program Tahunan (PROTA) Geografi SMA Semester 1 dan 2
- Program Semester (PROMES) Geografi SMA Semester 1 dan 2
- KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Geografi SMA Semester 1 dan 2
BAB 1. HAKIKAT GEOGRAFI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NAMA SEKOLAH :
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
geografi
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan Konsep Geografi
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Menguraikan konsep geografi
- Menguraikan perkembangan ilmu geografi
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Mendeskripsikan pengertian geografi dari berbagai pakar
- Membandingkan perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran
- Mengidentifikasikan konsep esensial geografi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B. Materi Pembelajaran
- Pengertian geografi
- Perkembangan ilmu geografi
- Konsep esensial geografi
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, life skills, pemberian tugas
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- OHP / Slide Proyektor
- Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi | · Menguraikan konsep geografi | · Siswa dapat Menguraikan perkembangan ilmu geografi. |
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
· Guru memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Guru menjelaskan pengertian geografi secara garis besar (hal 3-4). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian geografi dari berbagai pakar dari situs di www.yahoo.com, www.wikipedia.com, www.google.com. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai pengertian geografi di buku teks (hal 3-4). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Bersama-sama (guru dan siswa) membahas perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran dan pandangan tokoh (hal 3-4). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Bersama-sama mendiskusikan konsep esensial geografi dalam pengajaran geografi dan penerapannya dalam kehidupan (lihat kolom geografi hal 9). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
A. Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
B. Guru memberi tugas individu untuk membuat ringkasan materi “Hakikat Geografi”. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F. Penilaian
- Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian geografi dan pandangan berbagai pakar mengenai geografi dari situs internet dengan menulis sumber situs.
- Penilaian untuk keaktifan siswa dalam berdiskusi mengenai perkembangan ilmu geografi dan konsep esensial geografi.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | | | | |
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh | | | | |
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh | | | | |
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar | |
Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pemahaman materi pembahasan | | | | |
Kemampuan melakukan analisis | | | | |
Kemampuan menyampaikan pendapat | | | | |
Partisipasi dalam diskusi | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………………………… | | , Juli ..... Guru Mapel Geografi …………………………. |
0 Response to "Contoh RPP Geografi SMA Berkarakter Kelas X"
Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)