Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?
Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Website yang akan membantu para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI
Dalam kesempatan ini hanya Contoh RPP Penjas Berkarakter SMA Kelas X yang kami berikan, bukan karena kami tidak memiliki filenya, tetapi agak ribet ya jika saya lampirkan satu persatu, adapun file perangkat pembelajaran berkarakter yang kami miliki khusus Penjas SMA semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI utk info selanjutnya):
- SK dan KD Penjas SMA Semester 1 dan 2
- Pemetaan SK dan KD Penjas SMA Semester 1 dan 2
- Silabus Pembelajaran Penjas SMA Semester 1 dan 2
- RPP Penjas SMA Semester 1 dan 2
- Program Tahunan (PROTA) Penjas SMA Semester 1 dan 2
- Program Semester (PROMES) Penjas SMA Semester 1 dan 2
- KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Penjas SMA Semester 1 dan 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan : 4 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
Standar Kompetensi
1. Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
1.1. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Melakukan latihan teknik dasar mengumpan, mengontrol dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
2. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
3. Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan latihan teknik dasar mengumpan, mengontrol dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
2. Siswa dapat melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
3. Siswa dapat bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian.
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,-
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
B. Materi Pembelajaran
Permainan Sepakbola
1. Teknik dasar mengumpan, mengontrol dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
2. Latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
3. Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Inclusive (cakupan)
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (game)
5. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri | · Teknik dasar meng-umpan, mengontrol dan menggiring bola ber-pasangan dan ber-kelompok dengan koor-dinasi yang baik. · Latihan variasi dan kom-binasi teknik dasar me-nendang, mengontrol, dan menggiring bola dengan koordinasi yang baik. · Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi. | · Siswa dapat Melakukan latihan teknik dasar mengumpan, mengontrol dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok dengan mengguna-kan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik. · Siswa dapat Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik. · Siswa dapat Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman, dan keberanian. |
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 sampai 3
1.Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
· Pemanasan secara umum
· Berlari mengelilingi lapangan sepakbola
· Pemanasan khusus sepakbola dalam bentuk permainan
2.Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
- Penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar mengumpan, mengontrol dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
- Melakukan latihan teknik dasar mengumpan, mengontrol dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
- Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
- Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola berpasangan dan berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
- Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi). (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3.Kegiatan Penutup (15 menit)
· Pendinginan (colling down) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
· Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
· Berbaris dan berdoa (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
Pertemuan 4
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
· Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
· Pemanasan secara umum
· Berlari mengelilingi lapangan sepakbola
2.Kegiatan Inti (70 menit)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Uji kompetensi permainan sepakbola yang terdiri dari : (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
· Uji kompetensi menendang dan mengontrol bolasepak
· Uji kompetensi menggiring bolasepak
· Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3.Kegiatan Penutup (10 menit)
· Pendinginan (colling down) (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
· Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
· Berbaris dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
E. Alat dan Sumber Belajar
1.Alat Pembelajaran :
· Bola sepak atau sejenisnya
· Lapangan permainan sepakbola atau lapangan sejenisnya
· Tiang gawang
· Tiang pancang atau sejenisnya
· Peluit
2.Sumber Pembelajaran
· Media cetak
o Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas X, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o Buku permainan sepakbola
· Media elektronik
o Audio/video visual teknik dasar permainan sepakbola
o Rekaman/cuplikan pertandingan sepakbola (liga sepakbola)
F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian
a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar menendang, menahan/mengontrol bola dan menggiring bolasepak, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
· Contoh penilaian proses teknik dasar permainan sepakbola (Penilaian keterampilan kecabangan)
No | Nama Siswa | Mengumpan | Mengontrol | Menggiring | Jml | Nilai Proses | Nilai Produk | Nilai Akhir | ||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | Σ | 1 | 2 | 3 | 4 | Σ | 1 | 2 | 3 | 4 | Σ | ||||||
1. | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2. | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3. | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
4. | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
5. | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
dsb | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12 | | | |
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
· Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menendang dan menahan bola ke sasaran tembok) selama 30 detik.
Perolehan Nilai | Kriteria Pengskoran | Klasifikasi Nilai | |
Putera | Puteri | ||
…… > 20 kali | …… > 16 kali | 100% | Sangat Baik |
16 – 19 kali | 13 – 15 kali | 90% | Baik |
12 – 15 kali | 9 – 12 kali | 80% | Cukup |
8 – 11 kali | 6 – 8 kali | 70% | Kurang |
……. < 8 kali | ……. < 6 kali | 60% | Kurang Sekali |
· Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menggiring bola) melewati rintangan selama 30 detik.
Perolehan Nilai | Kriteria Pengskoran | Klasifikasi Nilai | |
Putera | Puteri | ||
…… > 20 kali | …… > 15 kali | 100% | Sangat Baik |
16 – 19 kali | 12 – 14 kali | 90% | Baik |
11 – 14 kali | 8 – 11 kali | 80% | Cukup |
7 – 10 kali | 5 – 7 kali | 70% | Kurang |
……. < 7 kali | ……. < 5 kali | 60% | Kurang Sekali |
b. Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.
No | Nama Siswa | Aspek Sikap Yang Dinilai | Σ | NA | |||||||||||||||||
Kerjasama | Kejujuran | Menghargai | Semangat | Percaya diri | Sportivitas | ||||||||||||||||
| | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | | |
1. | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2. | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3. | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
dst | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18 | |
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan sepakbola dengan metode resiprokal :
No. | Nama Siswa | Butir-butir Pertanyaan | Σ | NA | ||||||||||||||
Soal No.1 | Soal No.2 | Soal No.3 | Soal No.4 | Soal No.5 | ||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | ||||
1. | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2. | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
dst | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20 | | |
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
Contoh Butir Pertanyaan
No | Butir Pertanyaan |
1. | Sebutkan teknik-teknik menendang bola permainan sepakbola! |
2. | Jelaskan yang dimaksuk dengan off-side permainan sepakbola! |
3. | Jelaskan cara melakukan menendang bola! |
4. | Jelaskan cara melakukan menggiring bola! |
5. | Jelaskan cara melakukan menggiring, mengontrol dan mengumpan bola! |
2. Rekapitulasi Penilaian
No. | Nama Siswa | Aspek Penilaian | Jumlah | Nilai Akhir | Kriteria | ||
Psikomotor | Afektif | Kognitif | |||||
1. | | | | | | | |
2. | | | | | | | |
3. | | | | | | | |
4. | | | | | | | |
5. | | | | | | | |
6. | | | | | | | |
7. | | | | | | | |
8. | | | | | | | |
9. | | | | | | | |
10. | | | | | | | |
NIlai Rata-rata | | | | | | |
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = -----------------------------------------
Tiga Aspek Penilaian
Keterangan :
- Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
- Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
- Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 70 – 79%
- Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
- Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%
Mengetahui, Kepala , .......................................... | | ..... Juli 20.. Guru Mapel PJOK ...................................... |
0 Response to "Contoh RPP Penjas SMA Berkarakter Kelas X"
Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)