Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?
Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Website yang akan membantu para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI
Dalam kesempatan ini hanya Contoh RPP PKn Berkarakter SMA Kelas X yang kami berikan, bukan karena kami tidak memiliki filenya, tetapi agak ribet ya jika saya lampirkan satu persatu, adapun file perangkat pembelajaran berkarakter yang kami miliki khusus PKn SMA semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI utk info selanjutnya):
- SK dan KD PKn SMA Semester 1 dan 2
- Pemetaan SK dan KD PKn SMA Semester 1 dan 2
- Silabus Pembelajaran PKn SMA Semester 1 dan 2
- RPP PKn SMA Semester 1 dan 2
- Program Tahunan (PROTA) PKn SMA Semester 1 dan 2
- Program Semester (PROMES) PKn SMA Semester 1 dan 2
- KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) PKn SMA Semester 1 dan 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Bangsa dan Negara
o manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial
o Pengertian dan unsur terbentuknya bangsa
o Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
- Rakyat
- Wilayah
- Pemerintah yang berdaulat
- Pengakuan dari negara lain
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
II. KOMPETENSI DASAR : 1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara.
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menganalisis pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa | |
3 | Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1 Siswa dapat Mengkaji berbagai literatur tentang kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
2 Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur Pengertian dan unsur terbentuk-nya bangsa, Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). · Memahami hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara | · Menganalisis pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa · Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara | · Siswa berlatih Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. |
STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu ( Menit ) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerjasama - Keterampilan | |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai F Menjelaskan pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Diskusi Kelompok tentang hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara. F Tanya jawab F Latihan & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerjasama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
3. | Penutup - Evaluasi / Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri | |
PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti.
2. Darji Darmo-diharjo (1990), Pendidiikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Malang: Penerbit IKIP Malang.
3. Budiyanto (1999), Tata negara untuk SMA, Jakarta Penerbit Erlangga
PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
Mengetahui, Kepala ……………………. | | Juli 2012 Guru Mapel PKN ………………………. |
0 Response to "Contoh RPP PKn SMA Berkarakter Kelas X"
Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)