RPP Sejarah SMA | RPP Berkarakter Sejarah SMA | Contoh RPP Sejarah berkarakter | Perangkat Pembelajaran Sejarah SMA Kelas X XI dan Kelas XII : Baik lanjut lagi postingan kali ini tentang Contoh RPP Sejarah Berkarakter SMA Kelas X setelah beberapa hari yang lalu saya posting tentang Contoh RPP Kimia Berkarakter SMA Kelas X XI dan Kelas XII dan artikel tentang Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah (Klik utk baca).
Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?
Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Website yang akan membantu para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI
Dalam kesempatan ini hanya Contoh RPP Sejarah Berkarakter SMA Kelas X yang kami berikan, bukan karena kami tidak memiliki filenya, tetapi agak ribet ya jika saya lampirkan satu persatu, adapun file perangkat pembelajaran berkarakter yang kami miliki khusus Sejarah SMA semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI utk info selanjutnya):
- SK dan KD Sejarah SMA Semester 1 dan 2
- Pemetaan SK dan KD Sejarah SMA Semester 1 dan 2
- Silabus Pembelajaran Sejarah SMA Semester 1 dan 2
- RPP Sejarah SMA Semester 1 dan 2
- Program Tahunan (PROTA) Sejarah SMA Semester 1 dan 2
- Program Semester (PROMES) Sejarah SMA Semester 1 dan 2
- KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Sejarah SMA Semester 1 dan 2
Oke lanjut saja berikut contoh RPP Sejarah Berkarakter Kelas X :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah
Indikator : Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal usul
kata dan pandangan para tokoh
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal usul kata
- Mendeskripsikan sejarah dalam pandangan para tokoh
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri (keteguhan hati, optimis).Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin), Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
B. Materi Pembelajaran
· Arti kata sejarah berdasarkan asal usul kata
· Sejarah dalam pandangan para tokoh tentang
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah | · Buatlah silsilah keluarga Anda, kemudian tulislah sejarah keluarga Anda dalam bentuk karangan! | · Siswa dapat Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah . |
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menerapkan permainan “Aku Adalah” dengan menunjuk siswa secara acak untuk menyebutkan nama dan asal usul keluarganya. Siswa yang telah ditunjuk kemudian dipersilahkan menunjuk teman lain untuk melakukan hal yang sama.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Guru menjelaskan arti kata sejarah berdasarkan asal usul kata dengan peta konsep (hal 3 – 4). ((nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Penugasan mencari pengertian arti kata sejarah dan pandangan tokoh tentang sejarah dari situs di www.yahoo.com, www.wikipedia.com, www.google.com. (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
· Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai sejarah di buku teks (hal 4 – 7). (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
· Peserta didik secara individu membuat pohon silsilah keluarga dan sejarah keluarga dalam bentuk karangan (Aktivitas hal 7). (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.)
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
· Menarik kesimpulan materi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan, tanggung jawab.);
E. Sumber Belajar
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA -
· Buku sumber Sejarah SMA – (hal 1 -26)
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
A. Pembuatan pohon silsilah keluarga dan karangan tentang sejarah keluarga (Aktivitas hal 7).
Format Penilaian Silsilah Keluarga
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Ketepatan silsilah | |||
Keakuratan nama-nama keluarga | |||
Pemberian warna | |||
Ketepatan penggunaan garis dan tanda penghubung silsilah | |||
Keterangan silsilah lengkap | |||
Kerapian | |||
Jumlah Nilai |
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | Deskripsi | |
Pengantar | Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian | |||
Isi | Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/penelitian dengan tepat. Hal-hal yang ditemukan dalam penelitian | |||
Penutup | Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian | |||
Struktur/logika penulisan | Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian | |||
Orisinalitas karangan | Karangan/penelitian merupakan hasil sendiri | |||
Penyajian, bahasan dan bahasa | Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif | |||
Jumlah Nilai |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, Kepala ………………….. | Juli 20.. Guru Mapel Sejarah …………………….. |
0 Response to "Contoh RPP Sejarah SMA Berkarakter Kelas X"
Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)