Artikel Terbaru

Contoh RPP Sosiologi SMA Berkarakter Kelas X

RPP Sosiologi SMA Kelas X, Kelas XI Kelas XII - RPP berkarakter Sosiologi SMA - RPP dan Silabus Sosiologi SMA Berkarakter Kelas X - RPP Sosiologi Berkarakter SMA Kelas X, XI dan Kelas XII semester 1 dan 2 : Oke Bapak/Ibu guru yang baik hati, terima kasih sudah berkunjung dalam Web To-Sidrap.Com di mana web ini menyediakan informasi-informasi terupdate khususnya dalam Contoh Perangkat Pembelajaran Berkarakter untuk tingkat SMA/MA, SMP/Mts dan SD/Mi di mana sudah lengkap untuk semua mata pelajaran umum semester 1 dan 2. Dalam postingan sebelumnya saya sudah posting Contoh RPP Ekonomi SMA Berkarakter Lengkap (klik utk baca).

Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?

Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Website yang akan membantu para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI

Dalam kesempatan ini hanya Contoh RPP Sosiologi Berkarakter SMA Kelas X yang kami berikan, bukan karena kami tidak memiliki filenya, tetapi agak ribet ya jika saya lampirkan satu persatu, adapun file perangkat pembelajaran berkarakter yang kami miliki khusus Sosiologi SMA semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI utk info selanjutnya):
  1. SK dan KD Sosiologi SMA Semester 1 dan 2
  2. Pemetaan SK dan KD Sosiologi SMA Semester 1 dan 2
  3. Silabus Pembelajaran Sosiologi SMA Semester 1 dan 2
  4. RPP Sosiologi SMA Semester 1 dan 2
  5. Program Tahunan (PROTA) Sosiologi SMA Semester 1 dan 2
  6. Program Semester (PROMES) Sosiologi SMA Semester 1 dan 2
  7. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Sosiologi SMA Semester 1 dan 2
Oke lanjut saja berikut contoh RPP Sosiologi Berkarakter Kelas X :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah                   :
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester                :  X/ 1
Standar Kompetensi       : 1.          Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai                                          dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi Dasar           : 1. 1.     Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji 
                                                                hubungan masyarakat dan lingkungan.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
·         Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode
·         Mendeskpripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial.
·         Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat

Alokasi Waktu             :  6 x 40 menit (3 X Pertemuan)

A.      Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.    menjelaskan dengan kata-kata sendiri pengertian  tentang sosiologi, objek sosiologi dan tujuan sosiologi.
2.    menjelaskan sosiologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan
3.    mendeskrispsikan sejarah perkembangan sosiologi.
4.    menjelaskan kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain
5.    mendeskripsikan peran sosiolog dalam masyarakat.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
                                 

B.      Materi Pembelajaran

1.       Hakikat sosiologi
2.       Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
3.       Sejarah Perkembangan sosiologi dan kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain

C.      Metode Pembelajaran

  1. Informasi
  2. kerja mandiri
  3. eksplorasi
  4. Diskusi


Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
·     Secara berkelompok mendiskusikan konsep dasar dan metode sosiologi.
·     Secara berkelompok mendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari tentang hubungan berbagai konsep realitas sosial.
·     Secara individu menggali informasi melalui media massa tentang realitas sosial masyarakat
·         Siswa dapat Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode
·         Siswa dapat Mendeskpripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial.
·        Siswa dapat Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat.

D.      Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1.

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
b.      Apresepsi
Kelas dipersiapkan seperti absensi, kebersihan kelas, dan ketenangan.
c.       Memotivasi
Siswa diberi penjelasan tentang pokok bahasan, pengertian, contoh, pemahaman  materi yang akan dipelajari.
d.      Rambu-rambu belajar
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan akhir dari pembelajaran materi pada hari itu.
10 menit

2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendengarkan penjelasan guru  tentang hakikat sosiologi, sosiologi sebagai ilmu, sejarah perkembangan sosiologi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 10, 12, dan 16. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengumpulkan hasil tugasnya untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

30 menit

3.
Kegiatan Akhir
  Mengadakan post test. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Guru memberi tugas mengumpulkan artikel yang berhubungan dengan masalah-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

10 menit




Pertemuan II

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan                                
a.       Apresepsi
 Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, 
 kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.      Memotivasi
Siswa  menjawab beberapa pertanyaan tentang masalah-masalah sosial yang dialaminya dalam masyarakat.
c.       Rambu-rambu belajar
 Siswa mendengarkan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai. 
10 menit

2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain dan peran sosiologi dalam realitas masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa dan guru membuat bagan tentang hubungan sosiologi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa menulis beberapa masalah sosial yang sering terjadi dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membentuk kelompok diskusi kemudian mendiskusikan masalah sosial-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. Masalah sosial bisa diambil dari buku halaman 25 -26. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa membacakan hasil diskusi kelompoknya, kemudian siswa lain menanyakan dan menyangga hasil diskusi kelompok. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa dan guru membuat kesimpulan atas diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

30 menit

3.
Kegiatan Akhir
a.       Refleksi
  Guru memberi beberapa kesimpulan tentang  kedudukan sosiologi dan  perannya dalam   masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal-soal akhir bab untuk ulangan blok.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
10 menit


Pertemuan 3

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.       Apresepsi
Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.      Memotivasi
Guru memberitahu tentang tujuan ulangan blok  dan memberi semangat pada siswa untuk mengerjakan soal yang diberikan dengan penuh tanggung jawab.
10 menit

2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa dibagikan soal yang telah dibuat oleh guru. Soal berupa hasil pilihan ganda, uraian dan juga skala sikap.  (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengumpulkan hasil pekerjaanny kepada gurunya untuk diperiksa. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

30 menit

3.
Kegiatan Akhir
  Guru dan siswa menjawab bersama soal-soal yang sudah dijadikan bahan ulangan umum. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Guru memberi  tugas kepada siswa untuk mempelajari bahan tentangn nilai dan norma sosial. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);

10 menit


    E.          Sumber pembelajaran:
1.       Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS  halaman 2- 30.
2.       Masalah-masalah sosial
3.       Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

    F.          Media
1.       Papan tulis
2.       Lembar soal
3.       Transparan Konsep
4.       Power Point
5.       OHP

   G.          Penilaian
1.       Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 10, 12, dan  16.
2.       Mengidentifikasi masalah sosial halaman 25.
3.       Diskusi kelompok dalam buku halaman 25-26.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
               
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20

LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6













Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.
Penskoran:                                                                         Jumlah skor:
A. Tidak Baik                       Skor 1                                    24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik   Skor 2                                    18—23 = Baik
C. Cukup Baik                     Skor 3                                    12—17 = Cukup
D. Baik                  Skor 4                                    6—11 = Kurang
E. Sangat Baik                    Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                                       Rentang skor : 1—3
1.       Aktivitas dalam kelompok                                                2—15                   = Sangat baik    
2.       Tanggung jawab individu                                  9—11                    = Baik   
3.       Pemikiran                                                                                6—8                       = Cukup              
4.       Keberanian berpendapat                                 3—5                       = Kurang             
5.       Keberanian tampil              

4.       Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 27 – 30.


Mengetahui,
Kepala



……………………………..

, Juli....
Guru Mapel Sosiologi



.................................
Nah itulah contoh perangkat pembelajaran berkarakter mata pelajaran Sosiologi SMA khususnya RPP Sosiologi Berkarakter SMA Kelas X, Semoga bermanfaat. Amin

You Might Like :

0 Response to "Contoh RPP Sosiologi SMA Berkarakter Kelas X"

Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)