Artikel Terbaru

Contoh RPP IPA Terpadu SMP Berkarakter Kelas VII

Contoh RPP IPA Terpadu SMP Berkarakter Kelas VII, RPP IPA Terpadu SMP Berkarakter, RPP Silabus IPA Terpadu Berkarakter SMP Kelas VII, VIII dan Kelas IX : Oke sebelum lanjut, baca juga Contoh RPP Berkarakter IPA (Biologi, Fisika, Kimia, Matematika) SMA Lengkap (Perangkat pembelajaran berkarakter).

Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?

Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Website yang akan membantu para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI

Dalam kesempatan ini hanya Contoh RPP IPA Terpadu Berkarakter SMP Kelas VII yang kami berikan, bukan karena kami tidak memiliki filenya, tetapi agak ribet ya jika saya lampirkan satu persatu, adapun file perangkat pembelajaran berkarakter yang kami miliki khusus IPA Terpadu SMP semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI utk info selanjutnya):
  1. SK dan KD IPA Terpadu SMP Semester 1 dan 2
  2. Pemetaan SK dan KD IPA Terpadu SMP Semester 1 dan 2
  3. Silabus Pembelajaran IPA Terpadu SMP Semester 1 dan 2
  4. RPP IPA Terpadu SMP Semester 1 dan 2
  5. Program Tahunan (PROTA) IPA Terpadu SMP Semester 1 dan 2
  6. Program Semester (PROMES) IPA Terpadu SMP Semester 1 dan 2
  7. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) IPA Terpadu SMP Semester 1 dan 2
Oke lanjut saja berikut contoh RPP IPA Terpadu Berkarakter Kelas VII :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 
Sekolah                             :     .............................
Kelas / Semester               :     VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran                :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                   :     4 X 40’

Standar Kompetensi         :     1.     Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar            :     1.2   Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya.

Tujuan Pembelajaran       :    Peserta didik dapat:
                                                1.     Menjelaskan pengertian suhu.
                                                2.     Menjelaskan bagian-bagian dari termometer.
                                                3.     Menyebutkan jenis-jenis termometer.
                                                4.     Menggunakan termometer untuk mengukur suhu suatu benda.
                                                5.     Membaca skala pada termometer.
                                                6.     Membandingkan skala pada termometer Celsius dengan termometer skala Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran       :     Suhu
Metode Pembelajaran      :     Model:
                                                -       Direct Instruction (DI)
                                                -       Cooperative Learning
                                                Metode:
                                                -       Diskusi kelompok
                                                -       Eksperimen

Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA 
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Apakah hubungan suhu dengan panas atau dingin?
            -     Alat apakah yang dipakai untuk mengukur bila suhu tubuhmu terasa panas?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan suhu?
            -     Apakah Satuan Internasional dari besaran suhu?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang terbuat dari kaca.

b.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan pengertian suhu.
F  Menjelaskan bagian-bagian dari termometer
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F  Secara kelompok, peserta didik mendiskusikan pengertian besaran dan klasifikasinya, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok meng-komunikasikannya.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

PERTEMUAN KEDUA
a    Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Hasil pengukuran suhu harus dinyatakan dengan satuan; satuan apakah yang digunakan?
            -     Apakah satuan suhu dalam Standar Internasional (SI)?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Guru menunjukkan sebuah termometer, peserta didik diminta untuk membaca skala.

b.   Kegiatan Inti                   
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menggunakan termometer untuk mengukur suhu suatu benda.
F  Membaca skala pada termometer.
F  Membandingkan skala pada termometer Celsius dengan termometer skala Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Melalui diskusi kelas, guru menginformasikan cara membaca skala termometer yang benar.
F  Guru mendemonstrasikan langkah-langkah penggunaan, pengukuran suhu suatu objek, dan pembacaan skala pada termometer.
F  Melalui diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas membandingkan skala pada termometer Celsius dengan termometer Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit.
F  Guru memberikan informasi cara menentukan skala termometer Celsius dengan termometer Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit dengan perbandingan Tc : Tk :Tr : (Tf - 32) = 5 : (Tc + 273) : 4 : 9.
F  Guru memberikan contoh soal latihan mengenai cara menghitung skala termometer Celsius, Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Sumber Belajar
a.   Buku IPA Terpadu
b.   Buku kerja
c.   Termometer

Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
  • Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat.

§  Membandingkan skala termometer Celsius dengan termometer yang lain.

Tes tertulis
Tes uraian
§  Mengapa tangan manusia tidak dapat dijadikan alat ukur suhu, padahal tangan dapat membedakan panas dan dingin?
§  Bila termometer Celsius menunjukkan skala 800, maka skala Reamur akan menunjukkan....
   a.640              c.1000
   b.960              d.1500 

                                                                                                       
                                                                                                                                              

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(_______________________)
NIP/NIK :

Nah, itulah contoh perangkat rpp berkarakter ipa terpadu smp kelas vii semoga bermanfaat bagi bapa/ibu guru se indonesia. Amin

0 Response to "Contoh RPP IPA Terpadu SMP Berkarakter Kelas VII"

Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)