Artikel Terbaru

Contoh RPP IPS Terpadu SMP Berkarakter Kelas VII

Contoh RPP IPS Terpadu SMP Berkarakter Kelas VII, RPP IPS Terpadu SMP Berkarakter, RPP Silabus IPS Terpadu Berkarakter SMP Kelas VII, VIII dan Kelas IX : Oke sebelum lanjut, baca juga Contoh RPP Berkarakter IPS (Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Matematika) SMA Lengkap (Perangkat pembelajaran berkarakter).

Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?

Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Website yang akan membantu para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI

Dalam kesempatan ini hanya Contoh RPP IPS Terpadu Berkarakter SMP Kelas VII yang kami berikan, bukan karena kami tidak memiliki filenya, tetapi agak ribet ya jika saya lampirkan satu persatu, adapun file perangkat pembelajaran berkarakter yang kami miliki khusus IPS Terpadu SMP semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI utk info selanjutnya):
  1. SK dan KD IPS Terpadu SMP Semester 1 dan 2
  2. Pemetaan SK dan KD IPS Terpadu SMP Semester 1 dan 2
  3. Silabus Pembelajaran IPS Terpadu SMP Semester 1 dan 2
  4. RPP IPS Terpadu SMP Semester 1 dan 2
  5. Program Tahunan (PROTA) IPS Terpadu SMP Semester 1 dan 2
  6. Program Semester (PROMES) IPS Terpadu SMP Semester 1 dan 2
  7. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) IPS Terpadu SMP Semester 1 dan 2
Oke lanjut saja berikut contoh RPP IPA Terpadu Berkarakter Kelas VII :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah                   :     ...................................
Mata Pelajaran                   :      Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester                  :      VII/1
Standar Kompetensi          :      1.      Memahami lingkungan kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar             :      1.2    Mendeskripsikan kehidupan pada masa Pra Aksara di                                                          Indonesia.
Alokasi Waktu                   :      8 X 40 Menit (4 kali pertemuan)

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
      Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran Siswa dapat :
1.       Menjelaskan pengertian masa Pra Aksara
2.       Mennjelaskankan  kurun waktu masa Pra Aksara
3.       Menyebutkan jenis-jenis manusia purba di indonesia
4.       Mengidentifikasi jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra Aksara
5.       Menjelaskan perkembangan kehidupan pada masa Pra Aksara
6.       Menyebutkan peralatan kehidupan yang dipergunakan pada masa Pra Aksara
7.       Menjelaskan pembagian zaman berdasarkan hasil kebudayaan yang ditinggalkan pada masa pra aksara.
8.       Mengidentifikasi peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa Pra Aksara
9.       Menjelaskan asal usul kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia ke Nusantara
10.   Melacak pada peta tempat-tempat persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     MATERI PEMBELAJARAN
1.       Pengertian dan kurun waktu masa Pra Aksara
2.       Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra Aksara
3.       Perkembangan kehidupan pada masa Pra Aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan
4.       Peniggalan-peninggalan kebudayaan pada masa Pra Aksara
5.       Kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara

C.    METODE PEMBELAJARAN
1.       Diskusi
2.       Tanya Jawab
3.       Ceramah
4.       Tugas
5.       Cooperative learning

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
      Pertemuan Pertama Dan Kedua
1.       Kegiatan Pendahuluan
       Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
·        Apersepsi        :     Memberi pertanyaan tentang asal usul manusia
·        Motivasi          :     dijelaskan pentingnya mempelajari manusia yang hidup pada masa Pra Aksara
2.       Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan pengertian masa Pra Aksara
F  Mennjelaskankan  kurun waktu masa Pra Aksara
F  Menyebutkan jenis-jenis manusia purba di indonesia
F  Mengidentifikasi jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra Aksara
F  Menjelaskan perkembangan kehidupan pada masa Pra Aksara
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mengarahkan siswa untuk mendiskusikan tentang pengertian dan kurun waktu masa Pra Aksara
F  Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok, maksimal 5 orang untuk mendiskusikan pengertian tentang :
1.      pengertian pra aksara
2.      pembagian kurun waktu masa pra aksara
3.      jenis jenis manusia purba di Indonesia
F  Guru memberi kesempatan pada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain agar memberikan tanggapan
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  memberikan tugas rumah (tugas kelompok) untuk mengumpulkan gambar manusia masa Pra Aksara dan peninggalan kebudayaannya di Indonesia dan dikelompokkan seusia dengan kurun waktu
     
      Pertemuan Ketiga dan keempat
1.       Penadahuluan
            Apersepsi        :     Menampilkan jenis-jenis manusia purba dari hasil tugas siswa
            Motivasi          :     Memberikan gambaran kehidupan modern dengan kemajuan ilmu dan teknologi.
     
      2.    Kegiatan inti      
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok, tiap kelompok  5 orang
F  setiap kelompok  menerima 5 buah kartu soal, kemudian dibagikan kepada masing-masing anggota kelompok.
F  Masing-masing kartu soal berisi pertanyaan yang berbeda;
1.      kartu 1 :    jelaskan perkembangan kehidupan pada masa pra aksara
2.      kartu 2 :    sebutkan peralatan yang dipergunakan manusia pada masa pra aksara.
3.      kartu 3 :    jelaskan pembagian zaman berdasarkan hasil kebudayaan yang ditinggalkan.
4.      kartu 4 :    identifikasikan hasil-hasil peninggalan kebudayaan masa pra aksara.
5.      kartu 5 :    jelaskan asal usul nenek moyang bangsa indonesia.
F  Siswa yang mendapat kartu yang nomornya sama berkumpul mendiskusikan dan merumuskan permasalahan tersebut.
F  Siswa kembali ke kelompoknya semula untuk mempresentasikan hasil diskusinya dari kelompok ahli.  
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Memberikan tugas rumah (tugas individu) membuat peta kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa indonesia di nusantara dan dikumpulkan minggu berikutnya.

E.     SUMBER BELAJAR
1.    Buku Sejarah IPS KTSP .
2.    Atlas Sejarah
3.    Peta
4.    Gambar-gambar fosil, artefak
5.    Globe

F.     PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·  Menjelaskan pengertian  dan kurun waktu masa pra –aksara

·  Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara

·  Mendeskripsikan perkembangan kehidupan  pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.

·  Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.

·  Melacak  kedatangan dan  persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.

Tes tulis


Penugasan







Tes tulis


Tes tulis














































Penugasan
Tes Uraian


Tugas rumah






 Tes Uraian


Tes pilihan ganda













































Tugas rumah
 Jelaskan pengertian masa pra aksara.

Kumpulkan gambar manusia purba dan peninggalan kebudayaannya serta kelompokkan sesuai kurun waktunya kemudian buatlah tampilannya secara berkelompok

Jelaskan perkembangan kehidupan pada masa pra aksara dan berilah contoh-contoh peralatan kehidupan yang dipergunakan.

Peninggalan budaya Megalithikum diantaranya ialah ....
a.menhir dan dolmen
b.nekara dan menhir
c.sarkopagus dan dolmen
d.kapak lonjong dan moko

Gaya dan cara hidup manusia purba tentu berbeda dengan manusia sekarang. Cara hidup
manusia purba yang paling awal adalah.....
a. Berburu dan meramu
b. Meramu dan berladang
c. Berladang dan beternak
d. Beternak dan bertani

adanya kebudayaan abris sous roche adalah bukti bahwa manusia purba.......
a. bertempat tinggal tetap
b. bertempat tinggal sementara
c. berpindah-pindah ketempat subur
d. hidup berkelompok ditepi-tepi danau

Pendukung kebudayaan Kjokkenmoddinger adalah jenis.....
a. Megantthropus paleojavanicus
b. Pithecantropus Erectus
c. Homo Soloensis
d. Homo sapiens

Kapak yang banyak berfungsi untuk kegiatan pertanian adalah.....
a. Perimbas
b. Penetak
c. Lonjong
d. Persegi

Moko (nekara kecil) adalah bentuk peninggalan budaya jaman logam yang ditemukan di....
a. Jawa
b. Bali
c. Alor
d. Maluku

Buatlah peta kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara!



Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ......................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS,



( …………………………………. )
NIP/NIK : ......................................

Nah, itulah contoh rpp ips terpadu smp kelas vii semester 1 semoga bermanfaat. Amin

0 Response to "Contoh RPP IPS Terpadu SMP Berkarakter Kelas VII"

Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)