Artikel Terbaru

Contoh RPP Seni Budaya SMP Berkarakter Kelas VII

RPP Silabus Seni Budaya Berkarakter, RPP Seni Budaya SMP, RPP Berkarakter Seni budaya Kelas VII : Tapai sebelum melajutkan, baca dulu Contoh RPP Seni Budaya SMA Berkarakter Lengkap.

Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?

Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Website yang akan membantu para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI

Dalam kesempatan ini hanya Contoh RPP Seni Budaya Berkarakter SMP Kelas VII yang kami berikan, bukan karena kami tidak memiliki filenya, tetapi agak ribet ya jika saya lampirkan satu persatu, adapun file perangkat pembelajaran berkarakter yang kami miliki khusus Seni Budaya SMP semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI utk info selanjutnya):
  1. SK dan KD Seni Budaya SMP Semester 1 dan 2
  2. Pemetaan SK dan KD Seni Budaya SMP Semester 1 dan 2
  3. Silabus Pembelajaran Seni Budaya SMP Semester 1 dan 2
  4. RPP Seni Budaya SMP Semester 1 dan 2
  5. Program Tahunan (PROTA) Seni Budaya SMP Semester 1 dan 2
  6. Program Semester (PROMES) Seni Budaya SMP Semester 1 dan 2
  7. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Seni Budaya SMP Semester 1 dan 2
Oke lanjut saja berikut contoh RPP Seni Budaya Berkarakter Kelas VII :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Sekolah                        : ...........................
Mata Pelajaran             : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas / Semester          : VII / 1
Alokasi Waktu             : 2 X 40 Menit ( 1 X Pertemuan )
Standar Kompetensi     : 1.   Mengapresiasi Karya Seni Rupa
Kompetensi Dasar       : 1.1 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa  terapan daerah setempat .

A . TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1. Mendefinisikan pengertian seni
2. Menyebutkan empat cabang seni
3. Menyebutkan fungsi seni
4. Mendefinisikan pengertian seni
5. Menyebutkan tujuh unsur seni rupa
6. Menjelaskan konsep prinsip seni rupa
7. Menyebutkan tiga jenis karya seni rupa daerah (Jawa Tengah)
8. Menjelaskan fungsi dan makna karya seni rupa daerah (Jawa Tengah)

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B . MATERI POKOK
1. Konsep seni , empat cabang seni , fungsi seni, konsep seni rupa terapan daerah ,
    unsur seni rupa, dan prinsip seni rupa .
2. Beragam jenis, fungsi dan makna karya seni rupa terapan daerah Jawa Tengah

C. METODE PEMBELAJARAN  ;
Pendekatan kontekstual, diskusi , tanya jawab dan tugas

D . LANGKAH LANGKAH KEGITAN PEMBELAJARAN
1.  Kegiatan pendahuluan
- Apersepsi         :
Menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
-  Motivasi           :
Tanya jawab dengan siswa terkait dengan materi , konsep seni , dan menyampaikan manfaat pembelajaran
2 . Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik membaca buku referensi tentang seni rupa terapan daerah
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Peserta didik membentuk kelompok
F  Peserta didik membuat synopsis tentang konsep seni , cabang seni , fungsi
F  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang seni rupa terapan daerah
F  Pembahasan seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E .SUMBER BELAJAR
1.  Buku teks Seni Budaya .
2.  Gambar karya seni rupa terapan daerah

F . PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
·     Mengidentifikasi karya seni rupa terapan daerah setepat
·     Mengidentifikasi beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna pada karya seni rupa terapan daerah setempat.

Tes tertulis





Tes Uraian



·     Berikan  5 contoh hasil karya seni rupa terapan dan 5 contoh hasil karya seni rupa murni yang ada di daerahmua.
·     Masing-masing contoh berikan penjelasan tentang bahan, fungsi, teknik pembuatan dan maknanya
·     Jelaskan pengertian seni!
·     Sebutkan empat cabang seni!
·     Sebutkan fungsi seni!
·     Jelaskan pengertian seni rupa terapan daerah!
·     Sebutkan tujuh unsur seni rupa!
·     Jelaskan konsep prinsip seni rupa!
·     Sebutkan dua jenis karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)!
·     Jelaskan fungsi dan makna karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)!


  
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….

Nah itulah contoh rpp seni budaya berkarakter SMP kelas vii semester 1 semoga bermanfaat. Amin

0 Response to "Contoh RPP Seni Budaya SMP Berkarakter Kelas VII"

Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)