Artikel Terbaru

Contoh RPP Seni Budaya SD Berkarakter Kelas III, IV, V, VI

RPP Seni Budaya SD Berkarakter, RPP SBK SD Berkarakter kelas III, IV, V dan kelas VI, RPP Seni Budaya Berkarakter SD kelas III - VI. Baca Juga RPP Seni Budaya SMA Berkarakter Lengkap.

Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?

Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Website yang akan membantu para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI

Dalam kesempatan ini hanya Contoh RPP Seni Budaya Berkarakter SD Kelas III, IV, V, VI yang kami berikan, bukan karena kami tidak memiliki filenya, tetapi agak ribet ya jika saya lampirkan satu persatu, adapun file perangkat pembelajaran berkarakter yang kami miliki khusus Seni Budaya SD semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI utk info selanjutnya):
  1. SK dan KD Seni Budaya SD Kelas III, IV, V, VI Semester 1 dan 2
  2. Pemetaan SK dan KD Seni Budaya SD Kelas III, IV, V, VI Semester 1 dan 2
  3. Silabus Pembelajaran Seni Budaya SD Kelas III, IV, V, VI Semester 1 dan 2
  4. RPP Seni Budaya SD Kelas III, IV, V, VI Semester 1 dan 2
  5. Program Tahunan (PROTA) Seni Budaya SD Kelas III, IV, V, VI Semester 1 dan 2
  6. Program Semester (PROMES) Seni Budaya SD Kelas III, IV, V, VI Semester 1 dan 2
  7. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Seni Budaya SD Kelas III, IV, V, VI Semester 1 dan 2
Oke lanjut saja berikut contoh RPP Seni Budaya Berkarakter Kelas VI:


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                  : VI/ I
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
1. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain 

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain

v Karakter siswa yang diharapkan :  
  • Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab

III.  Materi Ajar
        Karya Seni Rupa

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
F Mengeksposisi keragaman motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, siswa:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif
·         Model karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar atau foto


VII.  Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
          Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·        Disiplin,
·        Kerja keras
·        Kreatif,
·        Demokratif
·        Rasa Ingin tahu,
·        Cinta tanah air,
·        Bersahabat,
·        Menghargai prestasi,
·        Gemar membaca,
·        Peduli lingkungan,
·        Peduli sosial,
·        Tanggung jawab
·      Mengamati beberapa gambar/foto/model ragam hias batik Nusantara daerah lain
·      Mengidentifikasi ragam hias batik Nusantara daerah lain
·      Mengidentifikasi teknik  dan bahan pembuatan batik

Tes tulis
Jawab Singkat
Sebutkan ragam hias batik Nusantara daerah lain

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1


LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

Nah, itulah contoh rpp seni budaya (SBK) SD berkarakter kelas VI semester 1 semoga bermanfaat. AMin

0 Response to "Contoh RPP Seni Budaya SD Berkarakter Kelas III, IV, V, VI"

Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)