Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?
Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Di mana Website ini yang akan membantu atau memberikan solusi para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI.
Dalam kesempatan ini, Admin To-Sidrap.Com hanya memberikan contoh Silabus Berkarakter Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMA/Ma Kelas X semester 1. Bukan karena kami tidak memiliki Silabus Berkarakter SMA semester 1 dan 2 untuk kelas X, XI dan XII, tetapi kami belum sempat upload dalam hosting kami berhubung ukuran File perangkat pembelajaran khusus Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMA terlalu besar.
Nah, adapun file yang kami miliki khusus untuk Perangkat pembelajaran Bahasa Inggris Berkarakter SMA Lengkap Semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI, untuk info selanjutnya):
- SK dan KD Bahasa Inggris SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- Pemetaan Bahasa Inggris SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- Silabus Bahasa Inggris SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- RPP Bahasa Inggris SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- Program Tahunan (PROTA) Bahasa Inggris SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- Program Semester (PROMES) Bahasa Inggris SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Bahasa Inggris SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Mendengarkan
1 Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
1.1 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam
bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan,
bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan
membatal-kan janji
|
Responding to initial greetings
-
very well, thank you and how are you.
- I’m
good/okay/alright
- Very
well. Thank you
- Oh,
pretty good
- Not
to bad, thanks
- Fine,
thanks.
- Exellent
Closing/ leave taking
-
goodbye
- bye
bye, bye now, see you, take care
- see
you later..fine
- see you …soon
- see you tonight..all right
- good night
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Mendengarkan percakapan
interpersonal/transaksi onal melalui tape secara klasikal
· Mendiskusikan berbagai tindak tutur lain
yang dapat digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan.
· Mendiskusikan respon yang diberikan
terhadap tindak tutur yang didengar secara berkelompok
|
· Merespon dengan benar terhadap tindak
tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
|
Quiz
Ulangan
Tertulis Tugas
|
(14 x 45)
1 x 45’
2 x 45’
3 x 45’
|
Developing
English Competencies
for Grade
X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
1.2 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosiali-sasi) resmi dan tak resmi yang mengguna-kan
ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan
perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi
instruksi
|
Expreesing happiness : formal
§
oh,
I’m so happy.
§ I can’t say how pleased I am.
§ I had a splendid time there.
§ What a marvelous place I,Ve ever seen.
§ It’s an interesting experience.
§ It’s an outstanding adventure.
§ It’ a sensational trip.
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Mendengarkan percakapan interpersonal /
transa ksional melalui tape secara individu.
· Mendiskusikan tindak tutur yang digunakan
dalam percakapan yang didengar secara berpasangan.
· Mendiskusikan respon yang diberikan
terhadap tindak tutur yang didengar
|
Merespon
berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam
berbagai acara secara senang dan bahagia.
|
Quiz
Ulangan
tertulis
Tugas
|
1 x 45
2 x 45
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for Grade
X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
|
Mendengarkan
2 Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana
berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
2.1 Merespon
makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek
sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi
dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
|
Making, accepting and declining an invitation;
The tone of an
invitation is always positive, in anticipation of a pleasurable occasion.
Picture your guests smiling when they read your letter of invitation. Clever
phrasing, poetry or a themed approach may be appropriate for an informal
occasion, but you should express the details clearly. For further tips visit
to invite someone
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Mengidentifika-si beberapa pengumuman
lisan di tempat umum secara berkelompok.
· Mendengarkan pengumuman melalui tape
secara klasikal.
· Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang
digunakan secara berkelompok
|
§ Menjawab pertanyaan teks lisan fungsional
pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
· Melakukan
teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan
dll.
· Mempresentasikan teks lisan fungsional
pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
|
Tugas
Quiz
Ulangan
tertulis
|
1 x 45
1 x 45
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for Grade
X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/ Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
2.2 Merespon
makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
dalam teks: recount, narrative, dan procedure
|
Teks monolog
berbentuk procedure, contohnya:
How to Make Gudeg Jogja (Green Jack Fruit
Sweet Stew)
Ingredients:
- 5 onions
- 10 candlenuts
- 10 garlic cloves
- 4 bay Leaves
- 1/2 lb. (250g) green jack fruit
- 2-1/2 tsp. (12g) coriander seeds
- 1-1/4 tsp. (6g) cumin
- 1/4 cup (62ml) coconut sugar
- 2 cups (500ml) coconut milk
- 2 tsp. (30g) tamarind
- 2 lb. (1kg) chicken (cut into small pieces
with bone)
- 5 cups (1.25l) water
- 2 inches bruised galangal
Instructions:
- First, cut green jack fruit 1 inch thick.
Wash and boil until tender.
- Next, ground onions, candle nuts, sauté
paste, bay leaves, and galangal until fragrant.
- Add the chicken pieces, stir fry until
chicken changes clour.
- Then, pour 4 cups of water and coconut
sugar, bring to a boil.
- Add the green jack fruit and simmer until
the chicken and vegetables are tender.
- Finally, add coconut milk 5 minutes before
it’s done, bring back to a boil. Serve
hot with ice.
- This dish is sweet and usually
served with shrimp cracker
1.
Procedure
text can be explained as bellow:
Social
function : to describe how something is accomplished
through
a sequence of
actions or steps.
Generic
structure:
- Goal.
- Materials (not required for all procedural
texts)
- Steps (a series of steps oriented to
achieving the goal)
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Mendengarkan cerita/petunjuk melakukan
sesuatu untuk menemukan berbagai informasi secara individu
· Mendiskusikan perbedaan penggunaan bahasa
secara lisan dan tertulis secara berkelompok.
· Berdiskusi secara berkelompok untuk
membuat sebuah cerita dan bercerita secara sambung menyambung.
|
· Merespon teks monolog sederhana berbentuk recount.
· Melakukan teks monolog sederhana berbentuk recount
· Menjawab pertanyaan teks monolog
sederhana berbentuk procedure
· Melakukan teks monolog lisan berbentuk
procedure.
· Mempresentasikan teks monolog lisan
berbentuk procedure
|
Quiz
Ulangan
tertulis
Tugas
|
3 x 45
3 x 45
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for Grade
X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
|
Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal dalam konteks kehidupan seharihari.
|
3.1 Mengung-kapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal ( bersosiali-sasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar
dan berterima dengan mengguna-kan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/
berpisah, menyetujui ajakan/ tawaran/ undangan, menerima janji, dan
membatalkan janji
|
Responding to initial greetings
-
very well, thank you and how are you.
- I’m
good/okay/alright
- Very
well. Thank you
- Oh,
pretty good
- Not
to bad, thanks
-
Fine, thanks.
-
Exellent
Closing/ leave taking
-
goodbye
- bye
bye, bye now, see you, take care
- see
you later..fine
- see you …soon
- see you tonight..all right.
-
good
night
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Bermain peran secara berpasangan
· Melakukan tourist hunting dan merekam
percakapan-nya*
|
· Melakukan berbagai tindak tutur dalam
wacana lisan interpersonal / transaksional: berkenalan, bertemu dan berpisah.
|
Performans
ns
|
4 x 45’
2 x 45’
|
Developing
English Competencies
for Grade
X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
3.2 Mengungkap-kan makna dalam
perca-kapan tran-saksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara aku-rat, lancar dan berteri-ma
dengan menggunakan ragam ba-hasa lisan sederhana dalam kon-teks kehidu-pan
sehari-hari dan meli-batkan tindak tutur: meng-ungkapkan perasaan bahagia,
menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
|
Expreesing happiness : formal
§
oh,
I’m so happy.
§ I can’t say how pleased I am.
§ I had a splendid time there.
§ What a marvelous place I,Ve ever seen.
§ It’s an interesting experience.
§ It’s an outstanding adventure.
§ It’ a sensational trip.
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Secara berpasangan menggunakan tindak
tutur dan responnya.
· Bermain peran secara berkelompok
|
· Melakukan berbagai tindak tutur dalam
wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai acara secara senang
dan bahagia.
|
Tugas
Performan
sns
|
3 x 45
4 x 45
|
Developing
English Competencies
for Grade
X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
|
Berbicara
4 Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan
monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana
dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
4.1 Mengung-kapkan makna dalam
bentuk teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.)
resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai
konteks kehidupan sehari-hari
|
Making, accepting and declining an invitation;
The tone of an
invitation is always positive, in anticipation of a pleasurable occasion.
Picture your guests smiling when they read your letter of invitation. Clever
phrasing, poetry or a themed approach may be appropriate for an informal
occasion, but you should express the details clearly. For further tips visit
to invite someone
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Membuat pengumuman lisan secara
berpasangan dan menyampaikannya di depan kelas.
|
§ Menjawab pertanyaan teks lisan fungsional
pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§ Melakukan teks lisan fungsional pendek
sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
· Mempresentasikan teks lisan fungsional
pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
· Melakukan
teks lisan fungsional pendek berupa Pengumuman Kematian dengan tindak tutur:mengingat kejadian tertentu
· Melakukan teks monolog berbentuk recount
|
Performans
|
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for Grade
X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
4.2 Mengung-kapkan makna dalam teks
monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar
dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk: recount, narrative, dan procedure
|
Teks monolog
berbentuk procedure, contohnya:
How to Make Gudeg Jogja (Green Jack Fruit
Sweet Stew)
Ingredients:
- 5 onions
- 10 candlenuts
- 10 garlic cloves
- 4 bay Leaves
- 1/2 lb. (250g) green jack fruit
- 2-1/2 tsp. (12g) coriander seeds
- 1-1/4 tsp. (6g) cumin
- 1/4 cup (62ml) coconut sugar
- 2 cups (500ml) coconut milk
- 2 tsp. (30g) tamarind
- 2 lb. (1kg) chicken (cut into small pieces
with bone)
- 5 cups (1.25l) water
- 2 inches bruised galangal
Instructions:
- First, cut green jack fruit 1 inch thick.
Wash and boil until tender.
- Next, ground onions, candle nuts, sauté
paste, bay leaves, and galangal until fragrant.
- Add the chicken pieces, stir fry until
chicken changes clour.
- Then, pour 4 cups of water and coconut
sugar, bring to a boil.
- Add the green jack fruit and simmer until
the chicken and vegetables are tender.
- Finally, add coconut milk 5 minutes before
it’s done, bring back to a boil. Serve
hot with ice.
- This dish is sweet and usually
served with shrimp cracker
2.
Procedure
text can be explained as bellow:
Social
function : to describe how something is accomplished
through
a sequence of
actions or steps.
Generic
structure:
- Goal.
- Materials (not required for all procedural
texts)
- Steps (a series of steps oriented to
achieving the goal)
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Mendengarkan cerita/petunjuk melakukan
sesuatu untuk menemukan berbagai informasi secara individu
· Mendiskusikan perbedaan penggunaan bahasa
secara lisan dan tertulis secara berkelompok.
· Berdiskusi secara berkelompok untuk
membuat sebuah cerita dan bercerita secara sambung menyambung.
|
· Merespon teks monolog sederhana berbentuk recount.
· Melakukan teks monolog sederhana berbentuk recount
· Menjawab pertanyaan teks monolog
sederhana berbentuk procedure
·
Melakukan
teks monolog lisan berbentuk procedure.
·
Mempresentasikan
teks monolog lisan berbentuk procedure
|
Quiz
Ulangan
tertulis
Tugas
|
3 x 45
3 x 45
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for Grade
X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
|
Membaca
5 Memahami makna teks tulis fungsional
pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
|
5.1 Merespon makna dalam teks tulis
fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak
resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
|
identify the structure of recount texts;
Meeting
a Star
On Saturday morning at 9:30, I was
walking down Sunda Street, looking
for a record store. A man stopped me
and asked me the way to the Hyatt
Hotel. I wasn't sure exactly where it
was, but I walked with him to the end
of Sunda Street. He was very friendly,
and his face looked so familiar. Then I
remembered where the Hyatt was and
told him how to get there. He thanked
me and tried to give me something.
I thought it was money. I said 'no' at
first, but he really wanted me to have
it, so I took it.
I found the record store and listened
to a few records. D' Masive had a new
record that was number two in the top
twenty. I decided to buy it. I looked
in my bag for my wallet and found a
piece of paper the man gave me. It was
a photo. I was so surprised! He was a
singer in
D' Masive!
Answer these following questions based on
the text in
1. Where was the writer?
2. What was he doing?
3. What did the man ask the writer?
4. How was the man's character?
5. Did the writer help the man?
6. What did the writer decide to buy?
7. What did he find in his wallet? Explain.
8. How was he when
he knew who the man was?
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Mengidentifika-si beberapa pengumuman
tertulis di tempat umum secara berkelompok.
· Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang
digunakan secara berkelompok
|
· Membaca nyaring bermakna wacana ragam
tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar
· Mengidentifikasi topik dari teks yang
dibaca
|
Quiz
Ulangan
tertulis
|
2 x 45
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for Grade
X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
5.2 Merespon makna dan langkah
retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks
berbentuk: recount, narrative, dan procedure
|
Teks tulis monolog/esei sederhana berbentuk procedure,contohnya
;
THE HOLE GAME
Materials
needed:
Two players, one marble per
person, a hole in ground,a line (distance) to start from.
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Membaca nyaring bermakna teks narrative
secara individu
· Mendiskusikan berbagai aspek dari teks
seperti isi dan struktur teks, secara berkelompok.
· Berlatih menggunakan kalimat past tense
untuk menyatakan peristiwa dan kalimat imperative untuk menyatakan
petunjuk.
|
· Mengidentifikasi makna dalam teks
procedure
· Mengidentifikasi langkah-langkah retorika
dalam teks procedure
· Membaca nyaring teks procedure
· Menulis teks berbentuk procedure.
|
Quiz
Ulangan
tertulis
Tugas
|
2 x 45
2 x 45
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for Grade
X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran berbehasa
Inggris
Majalah
Internet
|
|
Menulis
6 Mengungkapkan makna dalam teks tulis
fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure
dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
6.1 Mengungkap-kan makna dalam
bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan
dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
Arrange recount texts;
Answer
the following questions.
1. Do you have a diary?
2. What do people usually write in it?
3. What sort of advantages can people
get from writing it?
4. Have you ever written your past experience
in a diary?
5. I f yes, what was it about?
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Membuat pengumuman tertulis secara
berpasangan dan mempublikasikannya di kelas /sekolah
|
· Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda
baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat
· Menulis gagasan utama
· Mengelaborasi gagasan utama
· Membuat draft, merevisi, menyunting
· Menghasilkan teks fungsional pendek
|
Performansns
|
2 x 45
2 x 45
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for Grade
X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
6.2 Mengung-kapkan makna dan
langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan
ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
|
Teks tulis monolog/esei sederhana berbentuk procedure,contohnya
;
THE HOLE GAME
Materials
needed:
Two players, one marble per
person, a hole in ground,a line (distance) to start from.
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Membuat draft teks narrative,
recount atau procedure dengan melakukan chain writing.
· Melakukan koreksi teman sejawat untuk
menyempurnakan draft.
· Menyempurnakan draft berdasarkan
koreksi teman.
|
· Mengidentifikasi makna dalam teks
procedure
· Mengidentifikasi langkah-langkah retorika
dalam teks procedure
· Membaca nyaring teks procedure
· Menulis teks berbentuk procedure.
|
Tugas
Performan
sns
|
2 x 45
2 x 45
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for Grade
X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
Nah itulah contoh silabus berkarakter bahasa inggris sma kelas x semester 1 semoga bermanfaat. AMin
0 Response to "Silabus Berkarakter Bahasa Inggris SMA"
Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)