Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?
Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Di mana Website ini yang akan membantu atau memberikan solusi para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI.
Dalam kesempatan ini, Admin To-Sidrap.Com hanya memberikan contoh Silabus Berkarakter Mata Pelajaran Biologi SMA/Ma Kelas X semester 1. Bukan karena kami tidak memiliki Silabus Berkarakter SMA semester 1 dan 2 untuk kelas X, XI dan XII, tetapi kami belum sempat upload dalam hosting kami berhubung ukuran File perangkat pembelajaran khusus Mata Pelajaran Biologi SMA terlalu besar.
Nah, adapun file yang kami miliki khusus untuk Perangkat pembelajaran Biologi Berkarakter SMA Lengkap Semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI, untuk info selanjutnya):
- SK dan KD Biologi SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- Pemetaan Biologi SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- Silabus Biologi SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- RPP Biologi SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- Program Tahunan (PROTA) Biologi SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- Program Semester (PROMES) Biologi SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Biologi SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
SEKOLAH : .......................................
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS/SEMESTER : X (SEPULUH)/I
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu
ALOKASI WAKTU : 4 x 45
menit
Kompetensi dasar
|
Kompetensi sebagai Hasil Belajar |
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1. Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
1.2. Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada
berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ,
individu, populasi, ekosistem, dan bioma
|
· Menemukan benda-benda
yang menjadi objek biologi
· Menemukan
gejala/fenomena yang menjadi objek biologi
· Mengamati ciri-ciri
makhluk hidup
· Mendeskripsikan
ciri-ciri makhluk hidup
· Menyebutkan objek
biologi
· Menyebutkan permasalahan
biologi
· Menyebutkan tingkat
organisasi
kehidupan dalam biologi
· Mendeskripsikan cabang ilmu biologi
berdasarkan objek, masalah dan tingkat organisasi kehidupannnya.
· Mengumpulkan informasi dan membuat
struktur keilmuan, perkembangan dan prosepk cabang biologi
· Membuat makalah
|
· Pengertian Biologi
sebagai ilmu
· Ciri-ciri makhluk hidup
· Tiga aspek keilmuan
biologi meliputi:
1. Objek
2. Permasalahan
3.
Tingkat organisasi
1. Cabang-cabang ilmu
biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi”
|
“ Jujur
“ Kerja keras
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli lingkungan
“ Jujur
“ Kerja keras
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan hasil
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan hasil
|
· Mendiskusikan ciri-ciri
makhluk hidup
· Diskusi mengidentifikasi
objek biologi, permasalahan biologi, dan tingkat orgasasi kehidupan
· Diskusi menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi
kehidupan pada beberapa cabang ilmu biologi
· Tugas mengumpulkan informasi dan membuat makalah tentang cabang ilmu biologi,
perkembangan, dan prospeknya
|
· Mendeskripsikan
karakteristik Biologi sebagai ilmu
· Menyimpulkan ciri-ciri
makhluk
hidup
· Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan
hasil pengamatan
· Menggambar model struktur keilmuan biologi
berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan
· Menentukan objek, permasalahan, dan
tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi
· Membuat makalah tentang struktur keilmuan,
perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi
|
· Jenis tagihan:
Uji
kompetensi tertulis
· Instrumen peninalian:
Soal uji
kompetensi tertulis
· Jenis tagihan:
·
Uji
kompetensi tertulis
· Makalah
· Instrumen penilaian:
2 Soal uji kompetensi tertulis
3 Lembar penilaian makalah
|
1
![]()
3
![]() |
· Buku kerja Biologi 1A. Ign.
Khristiyono P.S, Esis,
· Buku Biologi X Dyah
aryulina dkk, Esis, Bab I
· Makhluk hidup dan benda
mati yang ada di sekitar sekolah
· Buku kerja Biologi 1A. Ign. Khristiyono
P.S, Esis
· Buku Biologi X , Dyah aryulina dkk, Esis,
BAB I
· Koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Biologi
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
Nah, itulah contoh silabus biologi sma berkarakter kelas x semester 1. Semoga bermanfaat! Amin
0 Response to "Silabus Berkarakter Biologi SMA"
Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)