Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?
Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Di mana Website ini yang akan membantu atau memberikan solusi para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI.
Dalam kesempatan ini, Admin To-Sidrap.Com hanya memberikan contoh Silabus Berkarakter Mata Pelajaran Kimia SMA/Ma Kelas X semester 1. Bukan karena kami tidak memiliki Silabus Berkarakter SMA semester 1 dan 2 untuk kelas X, XI dan XII, tetapi kami belum sempat upload dalam hosting kami berhubung ukuran File perangkat pembelajaran khusus Mata Pelajaran Kimia SMA terlalu besar.
Nah, adapun file yang kami miliki khusus untuk Perangkat pembelajaran Kimia Berkarakter SMA Lengkap Semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI, untuk info selanjutnya):
- SK dan KD Kimia SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- Pemetaan Kimia SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- Silabus Kimia SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- RPP Kimia SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- Program Tahunan (PROTA) Kimia SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- Program Semester (PROMES) Kimia SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Kimia SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMA ......................
mata
Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester :
X/1
Standar
Kompetensi : 1. Memahami struktur atom, sifat-sifat
periodik unsur, dan ikatan kimia
Alokasi
waktu : 16 JP (UH 2 JP)
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber/Bahan/alat
|
1.1.Memahami
struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom
relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari
keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron
|
o Perkembangan teori
atom, mulai dari teori Dalton sampai dengan teori atom modern
|
“ Jujur
“ Kerja kera
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan hasil
|
o
Mengkaji atom sebagai partikel dasar penyusun materi
(teori atom Dalton) dalam diskusi kelompok.
o
Mengkaji literatur tentang perkembangan teori atom
(di rumah setelah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya)
o
Mempresentasikan dan diskusi hasil kajian
o
Menyimpulkan hasil pembelajaran
o
Mengidentifikasi unsur ke dalam isotop, isoton dan
isoton melalui kerja kelompok.
o
Mengkaji massa atom dan massa atom relatif dalam diskusi kelompok.
o
Mengkaji konfigurasi elektron dan cara penulisannya
dalam diskusi kelas.
|
o
Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan
kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimen
o
Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan
isoton.
o
Menentukan massa atom relatif berdasarkan kelimpahan
isotopnya
o
Menentukan massa molekul relatif.
o
Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi.
|
Jenis
tagihan:
Tugas kelompok
Kuis
Ulangan
Bentuk instrumen:
Laporan tertulis
Performans (Kinerja dan sikap)
Tes tertulis
|
6 JP
|
Sumber:
Buku kimia,
Tabel periodik
LKS
|
o Perkembangan tabel
periodik unsur
|
“ Jujur
“ Kerja kera
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan hasil
|
o
Mengkaji sistem periodik untuk memahami makna daftar
tersebut melalui diskusi kelas.
o
Mengkaji literatur tentang perkembangan tabel periodik
unsur dalam kerja kelompok
o
Presentasi hasil kajian untuk menyimpulkan dasar
pengelompokan unsur-unsur.
|
o
Mendeskripsikan struktur sistem periodik unsur.
o
Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk
mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.
|
2 JP
|
|||
o
Sifat
kepriodikan unsur
|
“ Jujur
“ Kerja kera
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan hasil
|
o
Mengkaji
keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan
keelektronegatifan unsur-unsur seperiode dan segolongan berdasarkan data atau
grafik dan nomor atom melalui diskusi kelompok.
o
Menghubungkan keteraturan sifat jari-jari atom, energi
ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan.
o
Mengamati beberapa unsur untuk membedakan sifat logam,
non logam dan metaloid
|
o
Menentukan letak unsur sistem periodik berdasarkan
konfigurasi elektron, atau sebaliknya.
o
Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan
jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan.
o
Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan
metaloid.
|
4 JP
|
|||
1.2. Membandi-ngkan
proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinat dan
ikatan logam, serta hubungannnya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.
|
Ikatan kimia
o Kestabilan unsur
o Struktur lewis
o Ikatan ion dan ikatan
kovalen
o
Ikatan
kovalen koordinat
|
“ Jujur
“ Kerja kera
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan hasil
|
o
Menhgkaji beberapa senyawa untuk menentukan mengapa atom-atom membentuk ikatan kimia.
o
Menentukan unsur yang dapat melepas elektron atau
menerima elektron untuk mencapai kestabilan dalam diskusi kelompok.
o
Menggambarkan lambang Lewis melalui diskusi kelas
o
Membandingkan proses pembentukan ikatan ion dan ikatan
kovalen dalam diskusi kelas.
o
Mendiskusikan proses terjadinya ikatan kovalen
koordinat dari beberapa contoh sederhana
|
o
Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai
kestabilannya.
o
Menggambarkan lambang Lewis unsur gas mulia (duplet dan
oktet) dan unsur bukan gas mulia.
o
Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion
o
Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal,
rangkap dan rangkap tiga.
o
Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen
koordinasi
|
Jenis
tagihan:
Kuis
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk
instrumen:
Laporan tertulis
Performans (Kinerja dan sikap)
Tes tertulis
|
4 JP
|
Sumber:
Buku kimia
Bahan/Alat
LKS
|
o
Senyawa
kovalen polar dan non polar
o
ikatan
logam
|
“ Jujur
“ Kerja kera
“ Toleransi
“ Rasa ingin tahu
“ Komunikatif
“ Menghargai prestasi
“ Tanggung Jawab
“ Peduli lingkungan
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan hasil
|
o Merancang dan melakukan
percobaan untuk menyelidiki kepolaran senyawa di laboratorium
o Mengidentifikasi sifat
fisik logam dan menghubungkannnya dengan proses pembentukan ikatan logam
dalam diskusi kelompok di laboratorium.
|
o Menyelidiki kepolaran
dari beberapa senyawa dan menghubungkannya dengan kelektronegatifan
unsur-unsur melalui percobaan
o Mendeskripsikan proses
pembentukan ikatan logam dan hubungannnya dengan sifat fisik logam
o Menghubungkan sifat
fisis materi dan hubungannnya dengan jenis ikatan kimianya.
|
2 JP
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Kimia
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
Nah, itulah contoh silabus kimia sma kelas x semester 1 semoga ini bisa bermanfaat. Amin
0 Response to "Silabus Berkarakter Kimia SMA"
Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)