Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?
Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Di mana Website ini yang akan membantu atau memberikan solusi para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI.
Dalam kesempatan ini, Admin To-Sidrap.Com hanya memberikan contoh Silabus Berkarakter Mata Pelajaran Matematika SMA/Ma Kelas X semester 1. Bukan karena kami tidak memiliki Silabus Berkarakter SMA semester 1 dan 2 untuk kelas X, XI dan XII, tetapi kami belum sempat upload dalam hosting kami berhubung ukuran File perangkat pembelajaran khusus Mata Pelajaran Matematika SMA terlalu besar.
Nah, adapun file yang kami miliki khusus untuk Perangkat pembelajaran Matematika Berkarakter SMA Lengkap Semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI, untuk info selanjutnya):
- SK dan KD Matematika SMA Kelas X, XI, XII (Prog. IPA dan IPS) semester 1 dan 2
- Pemetaan Matematika SMA Kelas X, XI, XII (Prog. IPA dan IPS) semester 1 dan 2
- Silabus Matematika SMA Kelas X, XI, XII (Prog. IPA dan IPS) semester 1 dan 2
- RPP Matematika SMA Kelas X, XI, XII (Prog. IPA dan IPS) semester 1 dan 2
- Program Tahunan (PROTA) Matematika SMA Kelas X, XI, XII (Prog. IPA dan IPS) semester 1 dan 2
- Program Semester (PROMES) Matematika SMA Kelas X, XI, XII (Prog. IPA dan IPS) semester 1 dan 2
- KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Matematika SMA Kelas X, XI, XII (Prog. IPA dan IPS) semester 1 dan 2
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : ...................................
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Program : X / UMUM
Semester : GANJIL
Sandar Kompetensi: 1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan
logaritma
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber /Bahan/ Alat
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||
1.1.
Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma.
|
Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma.
- Sifat -
sifat bila-ngan berpangkat dengan pangkat bulat positif, pangkat bulat negatif, dan nol.
|
“ Rasa ingin tahu
“ Mandiri
“ Kreatif
“ Kerja keras
|
“ Berorientasi tugas dan hasil
“ Percaya diri
“ Keorisinilan
|
- Memberikan
contoh bentuk perkalian berulang.
- Menyimak
pemahaman dan pendeskripsian tentang bilangan berpangkat, bilangan pokok
(basis), dan pangkat (eksponen).
- Menyimpulkan atau mendefinisikan sifat- sifat
bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif, negatif, dan nol.
- Menentukan
hasil operasi aljabar pada bentuk pangkat dengan mengaplikasikan rumus -
rumus bentuk pangkat.
-
Menyederhanakan bentuk bilangan berpangkat.
- Menyatakan bilangan yang berpangkat bulat negatif ke
dalam bentuk bilangan yang berpangkat bulat positif, dan sebaliknya.
|
-
Menyederhanak-an bentuk suatu bilangan berpangkat.
- Mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu
bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya.
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
1.
Sederhanakanlah.
a.
![]()
b.
![]()
2. Nyatakan
bilangan berikut dalam pangkat positif dan sederhanakan.
a.
![]()
b.
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket (Buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid
1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk) hal. 1-6, 7-9, dan 10-13.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Notasi Ilmiah.
|
|
|
- Mengenal dan
memahami pengertian notasi ilmiah.
- Menyatakan
suatu bilangan yang sangat besar atau
sangat kecil ke dalam notasi ilmiah.
- Menyatakan
notasi ilmiah ke dalam suatu bilangan.
- Menghitung dan
menyatakan hasil operasi bilangan (perkalian dan pembagian) ke dalam notasi
ilmiah.
|
- Mengubah suatu
bilangan ke
bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya.
|
|
|
3.
Nyatakan bilangan berikut dalam
notasi ilmiah.
a. 0,0000002578
b. 820.000.000.000.000
|
|
|
|
- Bilangan
rasional.
- Bilangan
irrasional (bilangan bentuk akar).
|
|
|
- Menjelaskan
definisi dan contoh bilangan rasional.
- Memeriksa
apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bukan.
- Menuliskan
bilangan - bilangan rasional di antara dua buah bilangan.
- Menjelaskan
definisi dan contoh bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
- Menunjukkan
bahwa suatu bilangan merupakan bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
-
Menyederhanakan bilangan bentuk akar.
|
-
Mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau
bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
- Di antara
bilangan-bilangan berikut, manakah yang merupakan bilangan bentuk akar?
a.
![]() ![]()
b.
![]() ![]()
c.
![]() ![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 14, 15-16, 17.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Operasi aljabar pada bentuk akar.
|
|
|
-
Menentukan hasil operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian) pada bentuk akar dengan mengaplikasikan rumus - rumus bentuk akar.
-
Menyederhanakan bentuk akar
![]() ![]() |
- Melakukan
operasi aljabar pada bentuk akar.
|
Tugas
kelompok.
|
Uraian singkat.
|
- Nyatakan penjumlahan dan pengurangan berikut dalam
bentuk akar yang sederhana.
a.
![]()
b.
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 18-22.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
-
Merasionalkan
penyebut pecahan bentuk akar.
|
|
|
- Menentukan sekawan suatu bilangan.
- Merasionalkan
penyebut pecahan bentuk akar dengan
mengalikan pembilang dan penyebut pecahan dengan sekawan dari penyebut.
|
- Merasionalkan
penyebut pecahan yang berbentuk akar.
|
Tugas individu.
|
Uraian singkat.
|
- Rasionalkan penyebut
tiap
pecahan berikut.
a.
![]()
d.
![]()
b.
![]()
e.
![]()
c.
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket
hal. 23-28.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Pangkat rasional:
- Bilangan berbentuk
![]() ![]() ![]() ![]()
himpunan bilangan asli.
- Mengubah pangkat pecahan
negatif menjadi pangkat pecahan positif.
- Persamaan pangkat
sederhana dengan bilangan pokok sama.
|
|
|
-
Menyimpulkan atau mendefinisikan bilangan dalam bentuk akar dan
bilangan bentuk pangkat pecahan.
-
Menggunakan sifat bilangan dengan pangkat rasional untuk menyelesaikan
persoalan.
-
Menyatakan suatu bilangan dengan pangkat rasional ke dalam bentuk
akar.
-
Mengubah pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
-
Menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan
bilangan pokok yang sama.
|
- Mengubah
bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya.
- Mengubah
pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
- Menyelesaikan
persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang
sama.
|
Kuis
|
Uraian singkat.
|
1.
Nyatakan bilangan - bilangan berikut dalam bentuk pangkat.
a.
![]()
d.
![]()
b.
![]()
e.
![]()
c.
![]()
2. Sederhanakanlah bentuk
![]()
3. Tentukan nilai x dari persamaan
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 28-31, 32-33, 33-36.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Sifat-sifat
bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif, pangkat bulat negatif, dan
nol.
- Notasi
Ilmiah.
- Bilangan
rasional.
- Bilangan
irrasional (bilangan bentuk akar).
. Operasi
aljabar pada bentuk akar.
-
Merasionalkan
penyebut pecahan bentuk akar.
- Pangkat rasional.
|
|
|
- Melakukan ulangan berisi
materi yang berkaitan dengan bilangan berpangkat (pangkat bulat positif,
negatif, dan nol), notasi Ilmiah, bilangan rasional, irrasional, atau
bilangan bentuk akar, operasi aljabar pada bentuk akar, merasionalkan
penyebut pecahan bentuk akar, serta pangkat rasional.
|
-
Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi menge-nai
bilangan berpang-kat (pangkat bulat
positif, negatif, dan nol), notasi Ilmiah, bilangan rasional,
irrasional, atau bilangan bentuk akar, operasi aljabar pada bentuk akar,
merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar,
serta pangkat rasional.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Uraian singkat.
|
1.
![]()
a.
![]()
d.
![]()
b.
![]()
e.
![]()
c.
![]()
2.
Sederhanakan bentuk akar berikut ini.
a.
![]()
d.
![]()
b.
![]()
e.
![]()
c.
![]() |
2 × 45 menit
|
|
|
-
Pengertian logaritma.
- Sifat-sifat
logaritma (operasi aljabar logaritma).
|
|
|
-
Menyimpulkan atau mendefinisikan logaritma dan sifat - sifat
logaritma.
-
Mengubah bentuk logaritma ke dalam bentuk pangkat, dan sebaliknya.
-
Menentukan hasil operasi aljabar pada bentuk logaritma dengan
mengaplikasikan rumus - rumus bentuk logaritma.
-
|
- Mengubah
bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya.
- Melakukan
operasi aljabar pada bentuk logaritma.
|
Tugas
kelompok.
|
Uraian singkat.
|
1.
Ubahlah ke dalam bentuk logaritma.
a.
![]()
b.
![]()
c.
![]()
2. Sederhanakanlah
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 36-38, 38-43.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Penentuan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel
atau kalkulator.
-
Logaritma untuk perhitungan.
|
|
|
-
Menentukan logaritma suatu bilangan dengan menggunakan tabel logaritma
atau kalkulator.
-
Menentukan antilogaritma suatu bilangan dengan menggunakan tabel
antilogaritma atau kalkulator.
-
Menggunakan logaritma untuk perhitungan.
|
- Menentukan logaritma dan antilogaritma
dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel logaritma atau tabel
antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan logaritma untuk
perhitungan.
|
Tugas
individu.
|
Uraian singkat.
|
Tentukan nilai dari logaritma
berikut.
a. log 45,458
b. log 144,3
c. log 0,05
d. log 0,098
e. log 0,001
|
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 44-47, 48-50, 51-52.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
-
Pengertian logaritma.
- Sifat-sifat
logaritma (operasi aljabar logaritma).
- Penentuan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator
-
Logaritma untuk
perhitungan.
|
|
|
-
Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan pengertian logaritma, sifat- sifat logaritma, serta
cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator.
|
- Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian dan sifat -
sifat logaritma, serta cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan
tabel atau kalkulator.
|
Ulangan harian.
|
Pilihan ganda.
Uraian singkat.
|
1.
Nilai
![]()
a. 5
d. 1,5
b. 2,5
e. 0,6
c.
2
2. Jika
![]() ![]()
a.
![]()
d.
![]()
b.
![]()
e.
![]()
c.
![]() |
2 × 45 menit
|
|
1.2. Melakukan manipu-lasi aljabar dalam perhitu-ngan yang melibatkan
pangkat, akar, dan logaritma.
|
- Sifat-sifat
bilangan dengan pangkat bulat.
- Bentuk akar.
- Sifat-sifat
logaritma.
|
“ Rasa ingin tahu
“ Mandiri
“ Kreatif
“ Kerja keras
|
“ Berorientasi tugas dan hasil
“ Percaya diri
“ Keorisinilan
|
-
Menyederhanakan bentuk aljabar
yang memuat pangkat bulat.
-
Menyederhanakan bilangan bentuk akar.
-
Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat logaritma.
-
Menggunakan konsep bentuk pangkat, akar, dan logaritma untuk
menyelesaikan soal.
|
-
Menyederhanak-an bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan
logaritma.
|
Tugas
individu.
|
Uraian singkat.
|
Bentuk sederhana dari
![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 5-9, 17-28, dan 38-43.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
-
Sifat-sifat bilangan berpangkat
bulat positif.
- Sifat-sifat logaritma.
|
|
|
-
Melakukan pembuktian tentang sifat-sifat sederhana pada bentuk
pangkat, akar, dan logaritma.
|
- Membuktikan
sifat- sifat sederhana tentang bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
|
Tugas kelompok.
|
Uraian obyektif.
|
Buktikan bahwa
![]() ![]() ![]() ![]() |
2 × 45 menit
|
Sumber:
Buku paket hal. 4-6, dan 38-43.
Buku referensi lain.
Alat:
- Laptop
- LCD
- OHP
|
|
- Sifat
bilangan dengan pangkat rasional.
-
Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar.
- Sifat-sifat
dari logaritma serta bilangan berpangkat bulat positif.
|
|
|
- Melakukan
ulangan berisi materi yang berkaitan dengan sifat dari bilangan berpangkat
rasional dan berpangkat bulat positif, merasional kan penyebut pecahan bentuk
akar, dan sifat-sifat dari logaritma.
|
- Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai sifat dari bilangan
berpangkat rasional dan berpangkat bulat
positif, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, dan sifat- sifat
dari logaritma.
|
Ulangan harian
|
Pilihan ganda.
Uraian obyektif.
|
1. Jika
![]() ![]() ![]() ![]()
a. 16
d.
![]()
b. 8
e.
![]()
c. 2
2. Dengan cara merasionalkan
bagian
penyebut
![]() |
2 × 45 menit
|
|
....…………………………………
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
__________________ __________________
NIP/NIK. NIP/NIK.
Nah, itulah contoh silabus matematika sma berkarakter kelas x semester 1 semoga bermanfaat. Amin
0 Response to "Silabus Berkarakter Matematika SMA"
Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)