Artikel Terbaru

RPP Berkarakter Terbaru (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)

RPP Berkarakter Terbaru Tingkat SMA/Ma. RPP Berkarakter Terbaru SMP/MTs dan Tingkat SD/Mi. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang berfungsi untuk mempermudah dalam proses pelaksanaan pembelajaran, yang mana RPP ini harus disusun dan dipunyai oleh seorang Guru dalam mengajar materi ajar. Tujuan dari RPP ini adalah untuk mempermudah dan mengarahkan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Info RPP Berkarakter Lengkap SMA, SMP dan SD DI SINI.

Tujuan lain dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini adalah supaya dapat memberikan suatu pengajaran didalam kegiatan pembelajaran agar dapat menambah kekreatifan, menambah interaktif siswa, menambah kekuatan inspiratif siswa serta dapat memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.

Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini sangat penting bagi Guru / Pendidik. Karena memang kewajiban bagi guru dalam mengajar harus membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Misalnya Seorang Guru dalam mengajar Fiqih, KD misalnya Adab Berdo'a dan Kunci Berdo'a, mungkin juga bisa Shalat Jum'at Ketika Tergelincir Matahari, atau juga bisa Hal yang dilakukan sebelum Wudlu, serta misalnya Mata Pelajaran Alqur'an Hadits yang membahas misalnya Hadits Larangan mendahului Puasa Ramadhan dan masih banyak lagi. maka tidak serta merta hanya mengajar saja, tetapi harus mempunyai acuan dalam mengajar (Rencana Pembelajaran). Namun, dalam Penyusunan / Menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) harus mengetahui Susunan dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), karena dalam membuat RPP guru / pendidik harus mengetahui langkah dalam menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

Oleh Sebab alasan itulah, kali ini To-Sidrap.Com ingin berbagi pengetahuan mengenai Bagaimana Cara Menyusun RPP, Cara Membuat RPP dan juga memberikan Contoh RPP yang berbasis (E E K) atau Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi Terbaru. Bagi yang berminat dengan pembahasan kali ini mengenai Cara Menyusun RPP - Cara Membuat RPP Berkarakter - Contoh RPP (EEK) Terbaru, bisa menyimak di bawah ini.

PANDUAN PENGEMBANGAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

I. Pendahuluan.

Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.

Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian

II. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Mencantumkan identitas
• Nama sekolah
• Mata Pelajaran
• Kelas/Semester
• Alokasi Waktu

Catatan:
- RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
- Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan
- Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.

A.Standar Kompetensi
Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran tertentu. Standar kompetensi diambil dari Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Sebelum menuliskan Standar Kompetensi, penyusun terlebih dahulu mengkaji Standar Isi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut :
a. urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau SK dan KD
b. keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
c. keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.

B. Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka menguasai SK mata pelajaran tertentu. Kompetensi Dasar dipilih dari yang tercantum dalam Standar Isi. Sebelum menentukan atau memilih Kompetensi Dasar, penyusun terlebih dahulu mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
a. Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan Kompetensi Dasar
b. Keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
c. Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran

C. Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran berisi penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.

D. Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.

E. Metode Pembelajaran/Model Pembelajaran
Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Untuk mencapai suatu kompetensi dasar dalam kegiatan pembelajaran harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan dalam setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan :
a. Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan un¬tuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
b. Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran di¬lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang¬kan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
c. Penutup
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan un¬tuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.

G. Sumber Belajar
Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.

H. Penilaian
Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat dituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan teknik tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.

III. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                             : SMP...........................
Mata Pelajaran                  : ...................................
Kelas/Semester                  : ...................................
Alokasi Waktu                  : ..... x  40 menit

A.    Standar Kompetensi
B.     Kompetensi Dasar
C.  Tujuan Pembelajaran:
      1. Siswa dapat
      2. Siswa dapat
      Dst    
D.  Materi Pembelajaran   
E.  Model/Metode Pembelajaran 
F.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
                  Kegiatan Awal
                  Kegitan Inti
Kegiatan Akhir
                  dst
G.  Sumber Belajar           

H.  Penilaian                     


Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen















Nah, itulah cara menyusun RPP Berkarakter Terbaru dengan kaidah EEK (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi) baik untuk tingkat SMA/Ma, SMP/Mts maupun SD/Mi.

- Daftar Nama Mata pelajaran Tingkat SMA : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Penjasorkes, PKn, TIK, Seni Budaya, PAI (Pend. Agama Islam), Program IPA (Biologi, Kimia, Fisika), Program IPS (Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, Geografi).

- Daftar Nama Mata pelajaran Tingkat SMP : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Penjasorkes, PKn, TIK, Seni Budaya, PAI (Pend. Agama Islam), IPA Terpadu, IPS Terpadu.

- Daftar Nama Mata pelajaran Tingkat SD : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Penjasorkes, PKn, TIK, Seni Budaya, PAI (Pend. Agama Islam), IPA, IPS, Tematik.

Sumber Artikel : www.rppkita.com

0 Response to "RPP Berkarakter Terbaru (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)"

Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)