- SK dan KD
- Pemetaan SK dan KD
- Silabus Pembelajaran
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
- Program Tahunan (PROTA)
- Program Semester (PROMES)
- Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Oke langsung aja ya berikut Contoh RPP Bahasa Indonesia SD Berkarakter untuk 1 Kompetensi Dasar:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit ( 2 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
2. Berbicara: Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat.
B. Kompetensi Dasar
2.2. Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar.
C. Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Memperagakan percakapan
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan
§ Siswa dapat Menjelaskan kembali petunjuk penggunaan alat sesuai teks percakapan
v Karakter siswa yang diharapkan :
§ Bersahabat/ komuniktif.
D. Materi
§ Teks petunjuk penggunaan
E. Kegiatan Pembelajaran
§ Membaca petunjuk penggunaan alat.
§ Menjelaskan petunjuk penggunaan alat.
§ Mendiskusikan petunjuk penggunaan alat.
F. Langkah-langkah Pembelajaran :
§ Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
- Siswa mengamati benda ( Stapler ) yang ditunjukkan guru dengan cermat.
- Siswa membentuk kelompok dengan beberapa anggota.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa membaca petunjuk penggunaan Stapler dalam Buku hal. 19.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Secara individu siswa diminta menjelaskan secara lisan penggunaan Stapler di depan teman-temannya dengan kata-kata sendiri.
F Siswa mengamati benda yang ditunjukkan guru ( Pesawat telepon ) tanpa petunjuk penggunaan
F Siswa diminta mendiskusikan pembuatan petunjuk penggunaan telepon bersama kelompok masing-masing.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya di depan teman-teman sekelasnya.
G. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Bersahabat / Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain | · Menjelaskan petunjuk penggunaan alat | Tertulis dan penampil-an | Uraian | · Jelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar! |
No. | Unsur Penilaian | Nilai | Keterangan |
1. 2. 3. | Kerja sama dalam kelompok Ketelitian urutan pembuatan petunjuk penggunaan telepon. Keberanian siswa menyampaikan laporan hasil diskusi. Gaya penyampaian hasil diskusi. | | Hasil kerja siswa Penampilan siswa |
H. Sumber / Alat
§ Buku hal. 19 dan 20.
§ Stapler dan Pesawat telepon.
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP/NIK : NIP/NIK :
Nah itulah Contoh Perangkat Pembelajaran RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SD Kelas IV 4 semoga ini bermanfaat. Amin
0 Response to "RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SD Kelas 4 5 6"
Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)