Artikel Terbaru

RPP Bahasa Inggris Berkarakter SD Kelas 1 2 3 4 5 6

RPP Bahasa Inggris SD Berkarakter : Pada siang ini saya coba untuk berbagi lagi tentang perangkat pembelajaran berkarakater khususnya RPP Bahasa Inggris SD Berkarakter Kelas 1 2 3 4 5 dan 6 setelah saya posting contoh RPP berkarakter Bahasa indonesia SD kelas 4 5 dan kelas 6 dan perlu anda ketahui bahwa dalam perangkat pembelajaran berkarakter yang harus dimiliki oleh seorang Guru bukan hanya RPP berkarakter namun beriku rincian filenya :
  • SK dan KD
  • Pemetaan SK dan KD
  • Silabus Pembelajaran
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  • Program Tahunan (PROTA)
  • Program Semester (PROMES)
  • Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Yang tentunya Lengkap untuk semua kelas Semester 1 dan 2 Semua Mata Pelajaran Tingkat SMA/MA, SMP/MTs, dan SD/MI, untuk informasi selengkapnya silahkan KLIK DI SINI.

Oya langsung aja berikut contoh RPP berkarakter Bahasa inggris SD kelas 1 2 3 4 5 6 untuk 1 Kompetensi Dasar:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SD/MI                            :     ..........................
Mata Pelajaran             :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester             :     I/1
Standar Kompetensi    :     Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar        :     Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang
Alokasi Waktu              :     2 x 35 menit

Tujuan Pembelajaran      :-    Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan suara lantang. ( NK. Rasa ingin tahu :  Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar. )
                                          - Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar. ( NK, Gemar membaca :  Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya),

Karakter siswa             :     Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif : Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri, Berani mengambil resiko, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan

Materi Ajar                     :     Kosakata

                                                   Kosakata (Inggris: vocabulary) adalah himpunan kata yang diketahui oleh seseorang atau entitas lain, atau merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu. Kosakata seseorang didefinisikan sebagai himpunan semua kata-kata yang dimengerti oleh orang tersebut atau semua kata-kata yang kemungkinan akan digunakan oleh orang tersebut untuk menyusun kalimat baru. Kekayaan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan gambaran dari intelejensia atau tingkat pendidikannya. Karenanya banyak ujian standar, seperti SAT, yang memberikan pertanyaan yang menguji kosakata.

Metode Pembelajaran    :     - Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan atau didengar dari kaset/CD
                                             -  Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·  Guru memperlihatkan gambar besar yang mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
·  bertanya pada siswa apakah mereka mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
2.      Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mendengarkan apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara kelompok dan individu dengan Rasa ingin tahu ( NK. Rasa ingin tahu :  Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar. ).
F Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah dengan Gemar membaca ( NK, Gemar membaca :  Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya)
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.      Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan dengan cepat).
F Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.

Alat/Sumber Belajar:
Buku teks,Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar, Rekaman kaset/CD, Buku-buku lain yang relevan.

Penilaian:
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
o  Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
o  Kreatif: Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
o  Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
o  Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan
o  Demokratis : Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
o  Tanggung-jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
o  Menghargai Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
o  Gemar membaca : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya
A.    Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang dengan berani ( NK. Berani ( courage )
B.Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar dengan penuh perhatian  ( NK, Rasa hormat dan perhatian ( respect ),

Tes  lisan

Merespon dengan mengulang secara lisan

Listen to the words and repeat.
Guru: crayon
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)


   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.




                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Inggris



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

You Might Like :

0 Response to "RPP Bahasa Inggris Berkarakter SD Kelas 1 2 3 4 5 6"

Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)