Artikel Terbaru

RPP PAI Berkarakter SD Kelas 1 2 3 4 5 6

RPP PAI ( Pendidikan Agama Islam ) SD Berkarakter - Pada siang ini saya coba untuk berbagi lagi tentang perangkat pembelajaran berkarakater khususnya RPP PAI ( Pendidikan Agama Islam ) SD Berkarakter Kelas 1 2 3 4 5 dan 6 setelah saya posting contoh RPP berkarakter Penjas SD kelas 1 2 3 4 5 dan kelas 6 (Baca di sini) dan perlu anda ketahui bahwa dalam perangkat pembelajaran berkarakter yang harus dimiliki oleh seorang Guru bukan hanya RPP berkarakter saja namun berikut rincian filenya :
  • SK dan KD
  • Pemetaan SK dan KD
  • Silabus Pembelajaran
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  • Program Tahunan (PROTA)
  • Program Semester (PROMES)
  • Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Yang tentunya Lengkap untuk semua kelas Semester 1 dan 2 Semua Mata Pelajaran Tingkat SMA/MA, SMP/MTs, dan SD/MI, untuk informasi selengkapnya silahkan KLIK DI SINI.

Oke Pak/Bu langsung aja kita lihat contoh RPP berkarakter PAI ( Pendidikan Agama Islam ) SD kelas 6 :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 
SD/MI                                 : ___________________
Mata Pelajaran                   : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                  : VI/1
Standar Kompetensi           : 1.          Mengartikan surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar              : 1.1        Membaca QS Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
Alokasi Waktu                    : 3x35     menit (1x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran     : 1.   Siswa dapat membaca Surah Al Qadr dan Al Alaq ayat 1-5 dengan
                                                            harakat dan makhraj yang benar
2.      Siswa dapat menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Qadr dan Al
     ‘Alaq ayat 1-5 dengan benar
                                                             
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur (fairnes).

Materi Pembelajaran : Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5.

Metode Pembelajaran   : 1.   Siswa berlatih membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
                                                            dengan harakat dan makhraj yang benar
2.      Siswa mengadakan Tanya jawab dengan teman-temannya
      membahas        hukum bacaan yang ada pada Surah Al Qadr dan Al
      ‘Alaq ayat 1-5
3.      Siswa berlatih menerapkan hukum bacaan pada Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.      Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memberikan pengantar tentang bahan ajar yang akan disampaikan (melalui fitur Mutiara Islam)
2.      Kegiatan Inti.                      
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Beberapa siswa Sugi Dan Siswa lainnya membaca Surah Al Qadr dan Al Al ‘Alaq ayat 1-5,  sedangkan siswa yang lain mendengarkan
F Siswa membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan makhraj yang benar mangikuti bacaan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang-ulang membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
F Siswa diperkenalkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5
F Siswa membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq dengan menerapkan hukum   bacaan yang benar
F Siswa menampilkan kemampuan membaca Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat, makhraj, dan hukum bacaan yang benar di depan kelas
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan Tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang hukum bacaan yang ada pada surah yang telah dipelajari
F Siswa diminta menulis Surah Al Qadr dan Al ’Alaq ayat 1-5 di buku tugas

Alat/Sumber Belajar:
1.      Teks lafal Surah Al Qadr dan Al ‘Alaq ayat 1-5 di karton
2.      Buku Tajwid
3.      Buku Pendidikan Agama Islam
4.      Kaset/CD Alquran
5.      Alquran (juz Amma)
6.      Pengalaman guru

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Membaca Surat Al Qadr


Ø  Membaca Surah Al ‘Alaq ayat 1-5
Tes lisan


Tes lisan
Pelafalan


Pelafalan
Ø  Lafalkan Surah Al Qadr dengan harakat dan makhraj yang benar!

Ø  Lafalkan Surah Al ‘Alaq ayat 1-5 dengan harakat dan makhraj yang benar!


1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(_______________________)
NIP/NIK : ...........................

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
NIP/NIK : ...........................

Nah itulah contoh RPP berkarakter PAI ( Pendidikan Agama Islam ) SD kelas 6 untuk file perangkat pebelajaran PAI berkarakter yang lengkap silahkan Klik Di Sini. Semoga bermanfaat!

You Might Like :

0 Response to "RPP PAI Berkarakter SD Kelas 1 2 3 4 5 6"

Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)