Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?
Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Website yang akan membantu para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI
Dalam kesempatan ini hanya Contoh RPP Biologi Berkarakter SMA Kelas X yang kami berikan, bukan karena kami tidak memiliki filenya, tetapi agak ribet ya jika saya lampirkan satu persatu, adapun file perangkat pembelajaran berkarakter yang kami miliki khusus Biologi SMA semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI utk info selanjutnya):
- SK dan KD Biologi SMA Semester 1 dan 2
- Pemetaan SK dan KD Biologi SMA Semester 1 dan 2
- Silabus Pembelajaran Biologi SMA Semester 1 dan 2
- RPP Biologi SMA Semester 1 dan 2
- Program Tahunan (PROTA) Biologi SMA Semester 1 dan 2
- Program Semester (PROMES) Biologi SMA Semester 1 dan 2
- KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Biologi SMA Semester 1 dan 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ........................
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
Tujuan : Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
· Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
· Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup
II. Materi Ajar
· Pengertian Biologi sebagai ilmu
· Ciri-ciri makhluk hidup
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan-diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengamati ciri-ciri makhluk hidup. | · Menemukan gejala/fenomena yang menjadi objek biologi | · Siswa Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup. |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (5 menit)
· Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
· Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
B. Kegiatan inti (30 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat/Bahan/Sumber
· Buku Kerja Biologi IA, Esis
· Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
· Berbagai makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.2)
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
............................................. ............................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
Nah itulah contoh RPP Biologi Berkarakter SMA kelas X semoga bermanfaat. Amin
0 Response to "Contoh RPP Biologi SMA Berkarakter Kelas X"
Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)