Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?
Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Website yang akan membantu para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI
Dalam kesempatan ini hanya Contoh RPP Seni Budaya Berkarakter SMA Kelas X yang kami berikan, bukan karena kami tidak memiliki filenya, tetapi agak ribet ya jika saya lampirkan satu persatu, adapun file perangkat pembelajaran berkarakter yang kami miliki khusus Seni Budaya SMA semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI utk info selanjutnya):
- SK dan KD Seni Budaya SMA Semester 1 dan 2
- Pemetaan SK dan KD Seni Budaya SMA Semester 1 dan 2
- Silabus Pembelajaran Seni Budaya SMA Semester 1 dan 2
- RPP Seni Budaya SMA Semester 1 dan 2
- Program Tahunan (PROTA) Seni Budaya SMA Semester 1 dan 2
- Program Semester (PROMES) Seni Budaya SMA Semester 1 dan 2
- KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Seni Budaya SMA Semester 1 dan 2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( R P P )
Nama Sekolah : SMA/MA .............................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1. Mengapresiasi karya seni rupa
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
Menjelaskan pengertian seni rupa terapan Menyebutkan dan menjelaskan keunikan karya seni rupa terapan (ukiran) daerah Madura Menyebutkan dan menjelaskan keunikan teknik seni rupa ukiran daerah Madura Menyebutkan model/corak ukiran Madura Menggambar motif-motif ukiran Madura Menyebutkan sikap apresiatif masyarakat Madura terhadap karya seni rupa terapan | Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Kreatif (Mengemukakan gagasan baru)
Mandiri (Mampu mencari sumber belajar sendiri)
Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
§ Siswa dapat menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
E. Materi Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
1. Karya seni rupa terapan adalah karya seni yang dirancang untuk tujuan fungsional/kegunaan yakni memenuhi kebutuhan fisik maupun psikologis
2. Sikap apresiatif merupakan sikap menghargai, mengagumi, menilai, menikmati dan menghayati hasil karya dalam hal ini seni ukir Madura.
3. Seni ukir Madura pada umumnya bermotif daun-daunan, kaku tetapi tampak gagah (megah)
F. Metode Pembelajaran
§ Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat · Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat | § Keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah · Sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Madura | § Siswa dapat Diskusi dan tanya jawab membahas keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Madura § Siswa dapat Praktik menggambar motif cakra · Siswa dapat Diskusi tentang sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Madura |
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diajak mengingat pemahaman tentang karya seni rupa
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam mengapresiasi karya seni rupa terapan
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
· Dengan berdiskusi dan tanya jawab siswa diajak mengapresiasi terhadap keunikan gagasan teknik seni rupa terapan daerah Madura
· Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang apresiasi karya seni rupa terapan
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis,);
Penutup
· Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
· Siswa dan guru melakukan refleksi
· Guru memberikan tugas rumah (PR)
H. Alat dan Bahan
1. Alat : alat gambar
2. Sumber belajar :
§ Buku paket
§ Buku lain yang relevan (LKS)
I. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal:
1. Jelaskan yang disebut karya seni rupa terapan!
2. Sebutkan keunikan gagasan ukiran daerah Madura!
3. Sebutkan minimal tiga keunikan teknik seni rupa terapan daerah Madura!
4. Sebutkan motif-motif ukiran Madura!
5. Bagaimana saran Anda agar ukiran Madura lebih maju dan berkembang!
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui, ...... ……….................
Kepala Sekolah.......... Guru Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
Nah Itulah contoh RPP Seni Budaya Berkarakter SMA kelas X semoga bermanfaat. Amin
trima kasih
BalasHapuskunjungi jg blog saya ya
http://8perangkatpembelajarandudiyana1.blogspot.com
Oke pak, Terima kasih atas kunjungannya!
Hapus