Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?
Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Website yang akan membantu para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI
Dalam kesempatan ini hanya Contoh RPP TIK Berkarakter SMA Kelas X yang kami berikan, bukan karena kami tidak memiliki filenya, tetapi agak ribet ya jika saya lampirkan satu persatu, adapun file perangkat pembelajaran berkarakter yang kami miliki khusus TIK SMA semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI utk info selanjutnya):
- SK dan KD TIK SMA Semester 1 dan 2
- Pemetaan SK dan KD TIK SMA Semester 1 dan 2
- Silabus Pembelajaran TIK SMA Semester 1 dan 2
- RPP TIK SMA Semester 1 dan 2
- Program Tahunan (PROTA) TIK SMA Semester 1 dan 2
- Program Semester (PROMES) TIK SMA Semester 1 dan 2
- KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) TIK SMA Semester 1 dan 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) NO 1
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi Dan Komunikasi
Kelas / Semester : X / 1 (SATU)
Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Melakukan Operasi Dasar Komputer
Satuan Pendidikan :
A. KOMPETENSI DASAR
1.1.Mengaktifkan dan Mematikan Komputer dengan Prosedur yang beanr
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1.1. Menjelaskan sejarah perkembangan komputer
1.1.2. Menjelaskan pengertian booting
1.1.3. Memperagakan cara Warm boot dan Cold boot
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah proses pembelajaran siswa dapat menceritakan kembali proses atau sejarah perkembangan komputer dari mulai diciptakan sampai dengan sekarang
2. Siswa dapat menjelaskan pengertian booting, warm boot dan coold boot
3. Siswa dapat memperagakan cara warm boot dan cool boot
4. Siswa dapat memperagkan cara mematikan komputer dengan prosedur yang benar
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
D. MATERI PEMBELAJARAN
· Sejarah Perkembangan Komputer
· Cold Boot
· Warm Boot
E. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran kooperatif
F. SUMBER BELAJAR
3.1 Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
3.2 Seperangkat computer
3.3 LCD
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur yang benar | · Diskusi tentang sejarah perkembangan kompute dari pertama kali diciptakan sampai dengan sekarang · Diskusi informasi tentang istilah Warm boot dan Cold Boot · Memperagakan cara untuk menghidupkan computer dengan metoda warm boot · Memeragakan cara untuk menghidupkan computer dengan Cold Boot | · Siswa dapat Menjelaskan sejarah perkembangan komputer · Siswa dapat Menjelaskan pengertian warm boot · Siswa dapat Memperagakan cara melakukan Cold Boot dan Warm Boot |
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indicator pembelajaran
2. Apersepsi tentang tombol-tombol power pada komputer
3. Motivasi tentang keunggulan yang dimiliki komputer
B. Kegiatan Inti
Pertemuan pertama (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Pada Pertemuan pertama guru melakukan diskusi dengan siswa berkaitan dengan perkembangan komputer dari pertama kali diciptakan sampai dengan sekarang.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru melakukan evaluasi berkaitan dengan pemahaman siswa mengenai sejarah perkembangn komputer dari mulai diciptakan sampai dengan sekarang.
Pertemuan kedua (2 jam pelajaran)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru memperlihatkan kepada siswa seperangkat komputer dengan lengkap, atau siswa dibawa ke laboratorium komputer dan ditunjukan satu persatu bagian, bagian dari monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Fungsinya
· Guru selalu mengingatkan siswa agar tidak melakukan aktivitas apapun berkaitan dengan komputer dengan tujuan untuk menghindari kerusakan pada komputer dengan asumsi siswa masih banyak yang belum mengenal komputer
· Guru menjelaskan melalui layar LCD kepada siswa posisi tombol power CPU dan Monitor
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Guru memperagakan cara menghidupkan monitor dan CPU sampai komputer siap
· Guru menjelaskan keadaan monitor di mana komputer telah siap dipergunakan
· Siswa memperagakan cara menghidupkan
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Penutup
· Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
· Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
H. PENILAIAN
· Untuk menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut ini, dengan pemberian skor setiap soal antara 1 - 100
1. Tuliskan secara singkat sejarah perkembangan komputer
2. Faktor apa saja yang menyebabkan teknologi komputer berkembang sangat pesar
3. Jelaskan 3 komponen yang mendukung operasional komputer
4. Apa yang dimaksud dengan (a) booting (b) warm boot dan (c) coold booting
5. Tuliskan secara lengkap prosedur untuk (a) coold boot (b) warm boot
Gambar Processor6. Jelaskan nama-nama alat berikut ini:
Gambar Keybord(a) (b) (c)
· Penilaian Kemampuan Praktek / Kerja Ilmiah meliputi:
Prosedur menghidupkan dan mematikan komputer
No | Bidang Penilaian | Skor | |||
Sangat Baik | Baik | Sedang | Kurang | ||
1 | Cara menghidupkan monitor | | | | |
2 | Cara menghidupkan CPU | | | | |
3 | Keterampilan warm boot | | | | |
4 | Keterampilan cara mematikan komputer | | | | |
5 | Prosedur, ketepatan dan kecepatan kerja | | | | |
Rata-rata | | | | |
Kriteria / Konversi nilai
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 70
Sangat baik >=90, Baik 90 - 80, Sedang 80 – 70, Kurang < 70
Mengetahui, Kepala Sekolah ............................ | | , Juli 2011 Guru mapel TIK .............................. |
0 Response to "Contoh RPP TIK SMA Berkarakter Kelas X"
Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)