Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?
Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Website yang akan membantu para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI
Dalam kesempatan ini hanya Contoh RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SD Kelas IV, V, VI yang kami berikan, bukan karena kami tidak memiliki filenya, tetapi agak ribet ya jika saya lampirkan satu persatu, adapun file perangkat pembelajaran berkarakter yang kami miliki khusus Bahasa Indonesia SD semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI utk info selanjutnya):
- SK dan KD Bahasa Indonesia SD Kelas IV, V, VI Semester 1 dan 2
- Pemetaan SK dan KD Bahasa Indonesia SD Kelas IV, V, VI Semester 1 dan 2
- Silabus Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas IV, V, VI Semester 1 dan 2
- RPP Bahasa Indonesia SD Kelas IV, V, VI Semester 1 dan 2
- Program Tahunan (PROTA) Bahasa Indonesia SD Kelas IV, V, VI Semester 1 dan 2
- Program Semester (PROMES) Bahasa Indonesia SD Kelas IV, V, VI Semester 1 dan 2
- KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Bahasa Indonesia SD Kelas IV, V, VI Semester 1 dan 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 1. Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu : 2 X 35 menit
MENDENGARKAN
A. Kompetensi Dasar
1.1 Menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu Teks yang dibacakan/didengarkan
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Mendengarkan pembacaan teks
§ Siswa dapat Melengkapi pernyataan yang sesuai dengan teks
§ Siswa dapat Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
§ Siswa dapat Meringkas teks yang didengar-kan berdasarkan hal-hal penting/ pokok
v Karakter siswa yang diharapkan :
§ Tanggung jawab,
C. Materi Pokok
§ Teks Bacaan
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan yang akan didengar
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan pembacaan teks
F Melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
F Meringkas teks yang didengarkan
F Menceritakan kembali isi teks yang didengar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F Membaca buku lain yang relevan dengan Materi pelajaran
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Tanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa. | · Siswa dapat mendengarkan pembacaan teks · Siswa dapat melengkapi pernyataan yang sesuai dengan teks · Siswa dapat menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan · Siswa dapat meringkas teks yang didengarkan berdasar-kan hal-hal penting/ pokok | Lisan Tertulis Penugasan | Lembar penilaian Produk | · Lengkapi-lah pernyataan yang sesuai dengan teks! · Ringkaslah teks yang didengar-kan berdasar-kan hal-hal penting / pokok! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP/NIK : NIP/NIK :
Nah, itulah contoh rpp bahasa indonesia berkarakter sd kelas vi semoga bermanfaat. amin
0 Response to "Contoh RPP Bahasa Indonesia SD Berkarakter"
Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)