Artikel Terbaru

Contoh RPP Matematika SMP Berkarakter Kelas VII

Contoh RPP Matematika SMP Berkarakter Kelas VII, RPP Matematika SMP Berkarakter, RPP Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas VII, VIII dan Kelas IX : Oke sebelum lanjut, baca juga Contoh RPP Berkarakter Matematika SMA Lengkap (Perangkat pembelajaran berkarakter).

Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?

Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Website yang akan membantu para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI

Dalam kesempatan ini hanya Contoh RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VII yang kami berikan, bukan karena kami tidak memiliki filenya, tetapi agak ribet ya jika saya lampirkan satu persatu, adapun file perangkat pembelajaran berkarakter yang kami miliki khusus Matematika SMP semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI utk info selanjutnya):
  1. SK dan KD Matematika SMP Semester 1 dan 2
  2. Pemetaan SK dan KD Matematika SMP Semester 1 dan 2
  3. Silabus Pembelajaran Matematika SMP Semester 1 dan 2
  4. RPP Matematika SMP Semester 1 dan 2
  5. Program Tahunan (PROTA) Matematika SMP Semester 1 dan 2
  6. Program Semester (PROMES) Matematika SMP Semester 1 dan 2
  7. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Matematika SMP Semester 1 dan 2
Oke lanjut saja berikut contoh RPP Matematika Berkarakter Kelas VII :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
                                             Nama Sekolah          :     .............................
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :    VII (Tujuh)
                                             Semester                   :     1 (Satu)


Standar Kompetensi   :  ALJABAR     
2.      Memahami bentuk aljabar, persamaan dan
                                    Pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar         :              2.1.Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
Alokasi Waktu            :  2 jam pelajaran (1 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
o   Peserta didik dapat menjelaskan pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

B.      Materi Ajar
         Aljabar dan Aritmetika Sosial, yaitu mengenai:
a.       Mengenal bentuk aljabar.
b.      Memodelkan pernyataan menjadi bentuk aljabar.
c.       Menjelaskan pengertian suku, koefisien suku, dan suku sejenis.

C.     Metode Pembelajaran
         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan.
         Pertemuan Pertama     
         Pendahuluan       :  -  Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
                                       -  Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Peserta didik dapat menjelaskan pengertian variabel, konstanta, suku, koefisien suku, suku sejenis, dan suku tak sejenis
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik Membaca teks puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.


E.  Alat dan Sumber Belajar
Sumber :   
-     Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1,    
-     Buku referensi lain.
Alat :
-    Laptop
-    LCD
-    OHP

         F. Penilaian Hasil Belajar        
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menjelaskan pengertian, koefisien, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.

Tes lisan
Daftar pertanyaan
1. Dari bentuk aljabar  2x + 3, manakah yang merupakan koefisien, variabel dan manakah yang merupakan konstanta?
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan koefisien, variabel dan konstanta.


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.



( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….

Nah, itulah contoh rpp matematika smp berkarakter kelas vii semester 1 semoga bermanfaat. Amin

1 Response to "Contoh RPP Matematika SMP Berkarakter Kelas VII"

Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)