Artikel Terbaru

Contoh RPP PJOK SMP Berkarakter Kelas VII

Contoh RPP PJOK SMP Berkarakter Kelas VII, RPP PJOK SMP Berkarakter, RPP Silabus PJOK Berkarakter SMP Kelas VII, VIII dan Kelas IX : Oke sebelum lanjut, baca juga Contoh RPP Berkarakter PJOK SMA Lengkap (Perangkat pembelajaran berkarakter).

Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?

Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Website yang akan membantu para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI

Dalam kesempatan ini hanya Contoh RPP PJOK Berkarakter SMP Kelas VII yang kami berikan, bukan karena kami tidak memiliki filenya, tetapi agak ribet ya jika saya lampirkan satu persatu, adapun file perangkat pembelajaran berkarakter yang kami miliki khusus PJOK SMP semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI utk info selanjutnya):
  1. SK dan KD PJOK SMP Semester 1 dan 2
  2. Pemetaan SK dan KD PJOK SMP Semester 1 dan 2
  3. Silabus Pembelajaran PJOK SMP Semester 1 dan 2
  4. RPP PJOK SMP Semester 1 dan 2
  5. Program Tahunan (PROTA) PJOK SMP Semester 1 dan 2
  6. Program Semester (PROMES) PJOK SMP Semester 1 dan 2
  7. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) PJOK SMP Semester 1 dan 2
Oke lanjut saja berikut contoh RPP PJOK Berkarakter Kelas VII:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
              
Sekolah              : ..............................
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VII/ I

Standar Kompetensi*
1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
1.2. Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil beregu dan perorangan, serta nilai kerja sama, kejujuran, dan menghormati lawan*

Alokasi Waktu            :  2 x 2 x 40 menit (2 x pertemuan)

A.  Tujuan Pembelajaran
a.  Siswa dapat melakukan teknik dasar memegang raket untuk servis dan pukulan forehand dengan benar
b.  Siswa dapat bermain bulu tangkis dengan dengan peraturan yang dimodifikasi dengan benar

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

B.   Materi Pembelajaran
   Permainan Bulu Tangkis
·   Teknik dasar memegang raket untuk servis dan pukulan forehand
·    Bermain bulu tangkis menggunakan peraturan yang dimodifikasi

C.  Metode Pembelajaran
-                Pertemuan  1 = penugasan
-                Pertemuan  2 = resiprokal/timbal-balik

D.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
      Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·         Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
·         Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajara
2.      Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melakukan teknik dasar memegang raket forehand untuk pukulan dan servis, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
§  Melakukan teknik dasar memegang raket secara berpasangan dan bergantian
§  Melakukan teknik dasar gerak memukul forehand dengan gerakmelempar bola secara berpasangan di tempat dan dilanjutkan dengan bergerak depan, belakang, ke kanan dan kiri
§  Melakukan teknik dasar gerak memukul forehand dengan gerakmelempar bola dengan cara  formasi berbanjar dan lingkaran sambil bergerak (berkelompok)
§  Melakukan teknik dasar gerak memukul forehand menggunakan raket secara berpasangan di tempat dan dilanjutkan dengan bergerak depan, belakang, ke kanan dan kiri
§  Melakukan teknik dasar gerak memukul forehand menggunakan raket dengan cara  formasi berbanjar dan lingkaran sambil bergerak (berkelompok)
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
­   siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
­   siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
­   siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
­   bagi siswa yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
­   bagi siswa yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.
F  Bermain bulutangkis dengan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerja sama, kejujuran, dan menghormati lawan*
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan 2 (2 x 40 menit )
1.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
·         Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
·         Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajara

1.      Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melakukan teknik dasar memegang raket forehand untuk pukulan dan servis, dengan rincian kegiatan sebagai berikut :

§  Melakukan teknik dasar memegang raket secara berpasangan dan bergantian
§  Melakukan teknik dasar gerak memukul servis forehand dengan gerakmelempar bola secara berpasangan di tempat dan dilanjutkan dengan bergerak depan, belakang, ke kanan dan kiri
§  Melakukan teknik dasar gerak memukul servis forehand dengan gerakmelempar bola dengan cara  formasi berbanjar dan lingkaran sambil bergerak (berkelompok)
§  Melakukan teknik dasar gerak memukul servis forehand menggunakan raket secara berpasangan di tempat dan dilanjutkan dengan bergerak depan, belakang, ke kanan dan kiri
§  Melakukan teknik dasar gerak memukul servis forehand menggunakan raket dengan cara  formasi berbanjar dan lingkaran sambil bergerak (berkelompok)
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
­   guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
­   siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
­   siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
­   siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
F  Bermain bulutangkis dengan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok untuk menanamkan nilai kerja sama, kejujuran, dan menghormati lawan  (3 lawan 3)

F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.  Sumber Belajar
-          Ruang terbuka yang datar dan aman
-          Bola, Net, Tiang, Raket,
-          Buku teks
-           Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, 
-          Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

D.  Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Aspek  Psikomotor
·  Memegang raket untuk servis dan pukulan forehand
·  Bermain bulu tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi

 Aspek  Kognitif
·  Mengetahui bentuk-bentuk memegang raket,  pukulan  servis danpukulan forehand, 
 Aspek Afektif
·  Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan

Tes praktik
(Kinerja)




Tes tertulis




Tes
observasi
Tes Contoh Kinerja




Pilihan ganda/urai-an singkat


Lembar  observasi
Lakukan teknik dasar memegang raket,  servis,  dan pukulan forehand


 
Bentuk gerakan tangan saat melakukan servis forehand, adalah 



Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan

1.   Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor): 
                              Lakukan teknik dasar memegang raket forehand untuk melakukan pukulan dan servis
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 50
                  Jumlah skor maksimal
- Pengamatan sikap (afeksi): 
Mainkan permainan bulutangkis dengan peraturan yang telah dimodifikasi.  Taati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif.

Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 30
              Jumlah skor maksimal
                        -  Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 20
                                                Jumlah skor maksimal
-    Nilai akhir yang diperoleh siswa =

Text Box: Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis                                   
                       
           
2.   Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN BULU TANGKISI

Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
Teknik Dasar Pegangan Raket dan Pukulan
1.       Posisi awal tangan memegang raket seperti berjabatan          tangan dan posisi awal kaki dibuka selebar bahu (melangkah)
2.       Gerakan lengan melakukan pukulan forehand mengayun raket kearah bola dan posisi lengan menghadap arah gerakan
3.       Posisi awal tangan memegang raket seperti berjabatan            tangan dan posisi awal kaki dibuka selebar bahu (melangkah)
4.       Gerakan lengan melakukan pukulan servis mengayun raket kearah bola dan posisi lengan membelakangi arah gerakan




JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16




RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS
Prilaku yang diharapkan
CEK (√ )
1.  Bekerja sama dengan teman dalam melakukan kegiatan

2.  Mentaati peraturan yang sudah disepakati bersama

3.  Menghormati lawan (memukul bola memperkirakan posisi teman)

4.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain

JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 4


RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS
Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4

1.  Bagaimana posisi awal kaki saat kamu melakukan pukulan forehand  ?

2.  Bagaimana posisi tangan yang benar pada saat melakukan servis forehand?

3.  Bagaimana posisi tangan yang benar pada saat melakukan pukulan forehand ?





JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12

                                                                                                          
                                                                                                 

Mengetahui,
Kepala SMP/MTS ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PJOK.



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................

Nah itulah contoh rpp pjok berkarakter smp kelas vii semester 1 semoga bermanfaat. Amin

0 Response to "Contoh RPP PJOK SMP Berkarakter Kelas VII"

Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)