Artikel Terbaru

Contoh RPP TIK SMP Berkarakter Kelas VII

Contoh RPP TIK SMP Berkarakter Kelas VII, RPP TIK SMP Berkarakter, RPP Silabus TIK Berkarakter SMP Kelas VII, VIII dan Kelas IX : Oke sebelum lanjut, baca juga Contoh RPP Berkarakter TIK SMA Lengkap (Perangkat pembelajaran berkarakter).

Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?

Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Website yang akan membantu para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI

Dalam kesempatan ini hanya Contoh RPP TIK Berkarakter SMP Kelas VII yang kami berikan, bukan karena kami tidak memiliki filenya, tetapi agak ribet ya jika saya lampirkan satu persatu, adapun file perangkat pembelajaran berkarakter yang kami miliki khusus TIK SMP semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI utk info selanjutnya):
  1. SK dan KD TIK SMP Semester 1 dan 2
  2. Pemetaan SK dan KD TIK SMP Semester 1 dan 2
  3. Silabus Pembelajaran TIK SMP Semester 1 dan 2
  4. RPP TIK SMP Semester 1 dan 2
  5. Program Tahunan (PROTA) TIK SMP Semester 1 dan 2
  6. Program Semester (PROMES) TIK SMP Semester 1 dan 2
  7. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) TIK SMP Semester 1 dan 2
Oke lanjut saja berikut contoh RPP TIK Berkarakter Kelas VII :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
:
SMP/MTs ..................
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
1. Memahami penggunaan TIK dan prospeknya di masa datang

Kompetensi Dasar
:
1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan TIK dari masa lalu sampai sekarang
Alokasi Waktu
:
2 x  pertemuan ( 2 x 40 )

A. Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik mampu :
·         Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang telekomunikasi
·         Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang informasi
·         Menjelaskan perkembangan perangkat Tik dalam bidang etika
·         Mendeskripskan perkembangan perangkat TIK beserta fungsinya dan dampaknya

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Pembelajaran
  1. Sejarah tentang perkembangan bidang telekomunikasi
  2. Sejarah tentang perkembangan komunikasi
  3. Sejarah tentang perkembangan informasi
  4. Perangkat-perangkat TIK dari tradisional sampai modern

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan  CTL
Model: Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
            1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan peserta didik tentang keuntungan dan kerugian dampak TIK
F  Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb) tentang sejarah perkembangan TIK
F  Menjelaskan fungsi beberapa perangkat TIK
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan Kedua
            1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
           
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menyampaikan sejarah perkembangan TIK dari tradisonal samapai moderen
F  Menyampaikan sejarah perkembangan TIK secara elektronik  dari generasi pertama sampai generasi terakhir
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Mengerjakan lembar kerja


E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku teks, lembar kerja, VCD dsb.

F. Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi


Ø  Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  beserta fungsinya
Tes tertulis




Ter tertulis
Uraian/ pilihan ganda


Uraian
Jelaskan berbagai penemuan yang terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi!

Deskripsikanlah  fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan perkembangan penemuannya!
        

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ............



( .......................................... )
NIP/NIK : .........................

............, …………………….  20 …
Guru Mapel TIK.



(................................................)
NIP/NIK : .............................

Nah itulah contoh rpp berkarakter tik smp/mts kelas vii dan untuk kelas viii dan kelas ix tunggu update selanjutnya. terima kasih!

0 Response to "Contoh RPP TIK SMP Berkarakter Kelas VII"

Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)