Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?
Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Di mana Website ini yang akan membantu atau memberikan solusi para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI.
Dalam kesempatan ini, Admin To-Sidrap.Com hanya memberikan contoh Silabus Berkarakter Mata Pelajaran Fisika SMA/Ma Kelas X semester 1. Bukan karena kami tidak memiliki Silabus Berkarakter SMA semester 1 dan 2 untuk kelas X, XI dan XII, tetapi kami belum sempat upload dalam hosting kami berhubung ukuran File perangkat pembelajaran khusus Mata Pelajaran Fisika SMA terlalu besar.
Nah, adapun file yang kami miliki khusus untuk Perangkat pembelajaran Fisika Berkarakter SMA Lengkap Semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI, untuk info selanjutnya):
- SK dan KD Fisika SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- Pemetaan Fisika SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- Silabus Fisika SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- RPP Fisika SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- Program Tahunan (PROTA) Fisika SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- Program Semester (PROMES) Fisika SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
- KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Fisika SMA Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2
Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
..............................
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran :
FISIKA
1. Standar
Kompetensi: 1. Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
1.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan
waktu)
|
Pengukuran Massa, Panjang, dan Waktu
|
“ Jujur
“ Toleransi
“ Mandiri
“ Demokratis
“ Komunikatif
“ Tanggung Jawab
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Membuat daftar (tabel) nama besaran, alat ukur, cara mengukur, dan
satuan yang digunakan secara individu yang berlaku di daerah setempat
(misalnya: untuk ukuran massa: mayam di Sumut, untuk ukuran panjang: tumbak
di Jabar).
· Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat
ukur: mistar milimeter, jangka sorong, mikrometer, neraca lengan, neraca
pegas, dan stopwatch secara berkelompok di sekolah.
· Mengolah hasil pengukuran dengan mempertimbangkan kesalahan relatif
pengukuran dalam diskusi kelas.
|
- Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan
beberapa jenis alat ukur.
- Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan mempertimbangkan
ketelitian dan ketepatan.
|
Tes unjuk kerja
Tes tertulis
|
Uji
petik kerja produk
Tes PG
Tes uraian
|
Isilah
tabel berikut dengan mengamati skala pada beberapa alat-alat ukur panjang.
Tentukan nst serta ketidakpastiannya.
Pasangan
besaran dan satuan yang berdasarkan satuan Sistem Internasional adalah ....
a.
waktu, menit
b.
panjang, inci
c.
massa, kilogram
d.
suhu, celcius
e.
jumlah zat, candela
Apa
yang harus dilakukan agar pengukuran memiliki kesalahan sekecil mungkin.
|
6 x 40’
|
Buku Fisika SMA dan MA Jl. 1A (Esis) h. 1-52, lembar kerja, alat dan
bahan prktikum.
|
1.2
Melakukan penjumlahan vektor.
|
Penjumlahan Vektor
|
“ Jujur
“ Toleransi
“ Mandiri
“ Demokratis
“ Komunikatif
“ Tanggung Jawab
|
“ Percaya diri
“ Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Menggambar vektor, resultan
vektor, komponen vektor serta menghitung besar dan arah resultan vektor dalam
diskusi kelas.
· Melakukan percobaan untuk menemukan resultan dua vektor sebidang.
· Menerapkan operasi vektor dalam pemecahan masalah secara individu.
|
- Menjumlahkan dua vektor atau lebih secara grafis.
- Menjumlahkan dua vektor secara analisis.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Tes PG
Tes
uraian
|
Besar vektor A = 3 satuan dan besar vektor B
= 4 satuan. Bila besar vektor resultan (A+B) = 5 satuan, maka sudut
antara vektor A dan vektor B
adalah .... a. 300 d. 730 b. 450 e.
900 c. 600
Tentukan resultan dari gaya berikut: 50 N dengan membentuk
sudut 300 terhadap sumbu +X, gaya 80 N dengan membentuk sudut 1350
terhadap sumbu +X, dan 30 N dengan membentuk sudut 2400 terhadap sumbu +X.
|
6 x 40'
|
Buku Fisika SMA dan MA Jl. 1A (Esis) h. 53-72 dan buku referensi yang
relevan.
|
Nah, itulah contoh silabus Fisika SMA berkarakter semoga bermnfaat!
0 Response to "Silabus Berkarakter Fisika SMA"
Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)