Artikel Terbaru

Contoh RPP Penjas SMP Berkarakter Kelas VII

RPP Silabus Penjas Berkarakter, RPP Penjas SMP Berkarakter, RPP Penjasorkes SMP kelas VII VIII IX berkarakter : Nah pada kesempatan ini, saya akan share tentang Contoh RPP Penjas SMP Berkarakter Kelas VII. Sebelum lanjut, baca juga Contoh RPP Silabus Penjas SMA Lengkap.

Jika Anda adalah guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik. Setidaknya Anda dituntut untuk lebih profesional dalam mengajar. Persiapan pembelajaran yang baik tentu akan berimbas pada pelaksanaan pembelajaran yang juga baik. Sekarang, RPP yang dibuat harus menanamkan nilai-nilai kehidupan bagi siswa. Itulah yang disebut sebagai RPP Berkarakter. Nah, apakah sahabat telah memiliki RPP model tersebut?

Dan saatnya Anda tidak perlu pusing, Web ini bekerjasama dengan RPPKita.Com memberikan SOLUSI untuk Anda. Website yang akan membantu para Guru untuk mendapatkan RPP dan Silabus Berkarakter yang memiliki Kaidah Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi (EEK) + Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Silabus Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), Program Tahunan, dan Program Semester. Lengkap untuk Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Tingkat SMA/MA, SMP/MTs dan SD/MI. Untuk Info selengkapnya silahkan KLIK DI SINI

Dalam kesempatan ini hanya Contoh RPP Penjas Berkarakter SMP Kelas VII yang kami berikan, bukan karena kami tidak memiliki filenya, tetapi agak ribet ya jika saya lampirkan satu persatu, adapun file perangkat pembelajaran berkarakter yang kami miliki khusus Penjas SMP semester 1 dan 2 (KLIK DI SINI utk info selanjutnya):
  1. SK dan KD Penjas SMP Semester 1 dan 2
  2. Pemetaan SK dan KD Penjas SMP Semester 1 dan 2
  3. Silabus Pembelajaran Penjas SMP Semester 1 dan 2
  4. RPP Penjas SMP Semester 1 dan 2
  5. Program Tahunan (PROTA) Penjas SMP Semester 1 dan 2
  6. Program Semester (PROMES) Penjas SMP Semester 1 dan 2
  7. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Penjas SMP Semester 1 dan 2
Oke lanjut saja berikut contoh RPP Penjas Berkarakter Kelas VII :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                 : ..............................
Mata Pelajaran    : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester     : VII / I

Standar Kompetensi*          
1.Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar               
1.1. Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu serta  nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, memecahkan masalah, menghargai teman keberanian*
                                                     
Alokasi Waktu                        :  3 x 2 x 40 menit (3 x pertemuan )

A.  Tujuan Pembelajaran
a.       Siswa dapat melakukan passing atas bolavoli dengan benar
b.      Siswa dapat melakukan passing bawah bolavoli dengan benar
c.       Siswa dapat bermain bolabasket dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai teman

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

B.   Materi Pembelajaran
Permainan Bolavoli
·         Passing atas bolavoli
·         Passing bawah bolavoli
·         Bermain sepakbola menggunakan peraturan yang dimodifikasi

C.  Metode Pembelajaran
-          Pertemuan 1 = penugasan
-          Pertemuan 2 = penugasan
-          Pertemuan 3 = resiprokal/timbal-balik

D.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1.            Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
-    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2.            Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melakukan teknik dasar passing atas
·         Teknik dasar (passing atas ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :


 







§  Melakukan passing atas dengan cara mendorong bola di tempat (perorangan)
§  Melakukan passing atas dengan cara menangkap lalu mendorong yang diawali dengan bola dilambung di tempat (perorangan)
§  Melakukan passing atas sambil berjalan dan gerak menyamping kanan dan ke kiri (perorangan)
§  Melakukan passing atas bola dilambung teman dari depan di tempat (berpasangan )
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Melakukan teknik dasar mengumpan dengan bola diam berhadapan dengan teman
F  Melakukan teknik dasar mengumpan dengan bola digelindingkan teman dari depan di tempat
F  Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
­   siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
­   siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
­   siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
­   bagi siswa yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
­   bagi siswa yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.
F  Bermain bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing atas
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
                                                                            
Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
-    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melakukan teknik dasar passing dada, pantul, dari atas kepala secara berpasangan dan kelompok
F  Teknik dasar (passing atas ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :


 





                                                
§  Melakukan passing atas bola dilambung teman dari depan di tempat (berpasangan)
§  Melakukan passing atas bola dilambung teman dari depan bergerak ke kanan dan kiri serta maju dan mundur (berpasangan)
§  Melakukan passing atas secara langsung berpasangan, berkelompok, membentuk formasi lingkaran, berbanjar atau segi tiga
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
­   siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
­   siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
­   siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
­   bagi siswa yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
­   bagi siswa yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.

F  Bermain bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing atas
F  Teknik dasar (passing bawah )  dengan rincian kegiatan sebagai berikut :

 






§  Melakukan passing bawah dengan cara mendorong bola di awali bola dilambung sendiri di tempat lalu di tangkap dilanjutan sambil berjalan ke depan (perorangan)
§  Melakukan passing bawah dengan diawali dengan bola dilambung di tempat dan setelah mantul lantai bola didorong dengan dua lengan (perorangan)
§  Melakukan passing  bawah sambil berjalan dan gerak menyamping kanan dan ke kiri (perorangan)
F  Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
­   guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
­   siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
­   siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
­   siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
F  Bermain bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing bawah
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Pertemuan 3 (2 x 40 menit)
1.      Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
-    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti (45 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Teknik dasar (passing bawah ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
  









§  Melakukan passing bawah dengan diawali dengan bola dipantul teman di tempat dan setelah mantul lantai bola didorong dengan dua lengan (perorangan)
§  Melakukan passing bawah diawali bola dilambung teman di tempat dilanjutan sambil berjalan ke depan dan gerak menyamping kanan dan ke kiri (perorangan) (perorangan)
§  Melakukan passing  bawah secara langsung berpasangan, berkelompok, membentuk formasi lingkaran, berbanjar atau segi tiga
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
­   guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
­   siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
­   siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
­   siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
F  Bermain bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar passing atas dan bawah








F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E.  Sumber Belajar
-          Ruang terbuka yang datar dan aman
-          Bola
-          Buku teks
-          Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, 
-          Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

F.  Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Aspek  Psikomotor
· Melakukan passing atas dan bawah          bolavoli
· Bermain dengan peraturan yang             dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk-bentuk passing atas dan bawah pada permainan bola voli
 Aspek Afektif
·  Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian


Tes praktik
(Kinerja)



Tes tertulis





Tes
observasi


Tes  Contoh Kinerja

Pilihan ganda/uraian singkat




Lembar observasi



·   Lakukan teknik dasar passing passing atas dan bawah bolavoli !


·   Posisi kedua lengan saat passing atas, adalah ....
a.       diluruskan dan rapat
b.      ditekuk dan rapat
c.       disilang dan rapat
d.      diduluskan dan dibuka

·   Melakukan kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian


- Tes unjuk kerja (psikomotor): 
   Lakukan teknik dasar passing ( dada, pantul dan dari atas kepala)
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

                     Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 50
                     Jumlah skor maksimal

- Pengamatan sikap (afeksi): 
   Mainkan permainan bolavoli dengan peraturan yang telah dimodifikasi.  Taati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlahskor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 30
Jumlah skor maksimal
                    
-  Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan bolavoli

Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal

-    Nilai akhir yang diperoleh siswa =

Text Box: Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis           
                                   

2.   Rubrik Penilaian

RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLAVOLI
Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
    Melakukan Teknik Dasar Passing Atas dan Bawah
1.  Posisi kedua lutut saat akan melakukan passing atas direndahkan
2.  Bentuk gerakan lengan saat melakukan passing atas dan bawah mendorong bola ke depan atas
3.  Posisi badan yang benar saat akan melakukan passing atas dan bawah dalam permainan bolavoli
4.  Bentuk arah bola hasil passing atas dan bawah dalam permainan bolavoli berbentuk parabola




JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16



RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN BOLAVOLI
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
1.  Bekerja sama dengan teman satu tim

2.  Keberanian dalam melakukan gerakan (tidak ragu-ragu)

3.  Mentaati peraturan

4.  Menghormati wasit(sportif)

5.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain

JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5


RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BOLABASKET
Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4

1.  Bagaimana posisi kedua lengan saat kamu passing bawah dalam permainan bolavoli ?

2.  Bagaimana posisi kedua telapak tangan saat kamu passing atas dalam permainan bolavoli ?





JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8



                                                                                               
Mengetahui,
Kepala SMP/MTS ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PJOK.



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
     Nah, itulah contoh rpp penjas smp berkarakter kelas vii semoga bermanfaat. amin

0 Response to "Contoh RPP Penjas SMP Berkarakter Kelas VII"

Silahkan beri komentar dan jangan komentar spam ya. thanks :)